Task Manager Windows 11 Akan Miliki Fitur Kelola Prioritas Proses

portalutama.com – NESABAMEDIA.COM – Pada Windows versi apapun, anda akan menemukan beragam proses yang berjalan di latar belakang dan secara aktif menggunakan sumber daya sistem, meskipun dalam status idle. Kita bisa memonitor proses atau program yang aktif dengan Task Manager dan menggunakan fitur End Task apabila proses tersebut dianggap bermasalah dan membuat lambat sistem.

Task Manager, di Windows 11 khususnya, ada sebagai pengendali kinerja dan ini bisa memberitahu anda berapa banyak sumber daya yang digunakan oleh proses di latar belakang.

Sumber daya sistem ini termasuk CPU, RAM, GPU atau bahkan bandwidth jaringan. Jika sebuah aplikasi secara agresif menggunakan sumber daya sistem ketika statusnya idle, anda mungkin akan menggunakan fitur End Task di Task Manager untuk mematikan proses tersebut.

Dengan Windows 11 Build 22557, Microsoft mencoba untuk menerapkan sebuah fitur yang akan memungkinkan pengguna membatasi alokasi sumber daya sistem per aplikasi melalui Task Manager. Tidak seperti fitur End Task yang akan mematikan proses dan mungkin akan menyebabkan masalah lain, Efficiency Mode ini akan memperlambat proses dan meminimalisir gangguan.

Untuk menggunakan fitur baru ini, anda harus melakukan klik kanan pada proses manapun dan memilih opsi Efficiency Mode yang ada di tab atau di menu konteks klik kanan di setiap proses yang dipilih.

Di Windows, memungkinkan untuk menjalankan thread sesuai dengan jadwal prioritas masing-masing. Merujuk pada dokumentasi Microsoft yang telah diperbarui, semua thread telah memiliki prioritas penjadwalan yang ditetapkan, yang bekisar dari nol untuk prioritas paling rendah sampai dengan 31 untuk prioritas paling tinggi.

Efficiency Mode menetapkan prioritas dasar ke THREAD_PRIORITY_LOWEST untuk memastikan bahwa proses-proses tersebut dapat didahulukan saat diperlukan. Ini dilakukan untuk thread latar belakang, terutama yang intensif dalam menggunakan sumber daya prosesor.

Ketika anda menyetel banyak proses untuk mengkonsumsi sumber daya yang lebih sedikit, Windows akan secara otomatis mengalokasikan sumber daya yang tidak digunakan untuk proses dengan prioritas yang lebih tinggi, tergantung pada situasi yang ada.

“Prioritas rendah memastikan proses ini tidak mengganggu prioritas yang lebih tinggi yang sedang aktif digunakan oleh pengguna,” terang Microsoft.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.