Setelah PHK, Giliran Bos Xiaomi Mengundurkan Diri

portalutama.com – Presiden Xiaomi, Wang Xiang, mengundurkan diri dari raksasa China tersebut. Bukan cuma dia, dua co-founder Xiaomi, Hong Feng dan Wang Chuan, juga tak bakal mengurusi operasional perusahaan sehari-hari.

Hal ini diumumkan oleh Founder dan CEO Xiaomi, Lei Jun, melalui memo internal ke para karyawan, dikutip dari FinancialTimes, Senin (26/12/2022).

“Serah terima kerjaan berlangsung dengan mulus,” kata Lei di memo tersebut.

Lei mengaku Xiaomi sedang menghadapi masa sulit. Ke depannya, bakal dilancarkan strategi untuk meningkatkan efisiensi dalam operasional Xiaomi.

Sebelum ditinggal 3 bosnya, Xiaomi pekan lalu melakukan PHK terhadap pekerja di beberapa unit bisnis handphone (HP) dan layanan internetnya. Kabar yang beredar menyebut tak kurang dari 15 persen pekerja Xiaomi telah dirumahkan.

Namun, Xiaomi mengatakan pekerja yang terdampak PHK tak sampai 10 persen dari total pekerjanya. Pihaknya juga menjamin akan memberi kompensasi bagi korban PHK sesuai regulasi yang berlaku.

Diketahui, pada bulan November lalu Xiaomi melaporkan penurunan pendapatan di kuartal ketiga sebesar 9,7%, diakibatkan pembatasan Covid-19 di China dan melemahnya permintaan konsumen. Pendapatan dari HP Xiaomi mencapai 60% dari total penjualannya. Angka itu turun 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

error: Content is protected !!