[POPULER TEKNO] Apa Itu Smart Meter PLN | Duo Smartphone Baru Xiaomi Redmi | 47 Ponsel yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Tahun Depan

portalutama.com – Isu seputar gadget mendominasi berita teknologi populer di kanal KompasTekno sepanjang Rabu (28/12/2022). Sub-brand Xiaomi , Redmi baru saja menelurkan dua smartphone anyar, yakni Redmi Note 12 Pro Speed Edition dan Redmi K60 .

Selain Xiaomi, vendor asal China lainnya, Nubia juga meluncurkan ponsel gaming Red Magic 8 Pro di kampung halamannya. Ponsel buatan sub merek ZTE ini hadir dalam dua model, meliputi Red Magic 8 Pro dan Red Magic 8 Pro Plus.

Selain berita gadget, berita soal Smart Meter PLN yang dicanangkan akan menggantikan meteran listrik konvensional juga cukup banyak dibaca. Berikut rangkuman berita populer di kanal KompasTekno sepanjang Rabu (28/12/2022).

Apa itu Smart Meter PLN?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun lalu mengumumkan akan menargetkan satu juta pelanggan listrik yang menggunakan Smart Meter PLN di tahun 2022.

Dikutip dari laman resmi ESDM, Smart Meter PLN bakal menggantikan meteran listrik konvensional untuk mewujudkan implementasi dari Smart Grid.

Sistem itu dapat terwujud dengan salah satunya menerapkan Smart Meter PLN. Melihat rencana penerapan yang mulai mendekat, lantas sebenarnya apa itu Smart Meter PLN?
Jawabannya bisa disimak di artikel ” “.

Xiaomi Redmi Note 12 Speed Edition resmi meluncur

Pada Oktober lalu, Xiaomi meluncurkan empat model Redmi Note 12 Series, yang terdiri dari Redmi Note 12, Redmi Note 12 Pro, Redmi Note 12 Pro Plus, dan Redmi Note 12 Discovery (Explorer Edition).

Kini, keluarga Redmi Note 12 Series bertambah satu dengan kehadiran model terbaru yang bernama Redmi Note 12 Pro Speed Edition.

Ponsel tersebut baru saja diumumkan di pasar China. Secara desain, Redmi Note 12 Pro Speed Edition mirip dengan salah satu “saudaranya” di Redmi Note 12 Series, Redmi Note 12 Pro.

Nah, spesifikasi lengkap dan harganya bisa disimak di artikel ” “.

Xiaomi Redmi K60 Pro meluncur

Selain meluncurkan Redmi Note 12 Speed Edition, Redmi juga merilis Redmi K60 Pro di China.
Ada tiga model yang mereka perkenalkan, yaitu Redmi K60, Redmi K60 Pro, dan Redmi K60E.

Trio itu punya desain kamera belakang dan depan yang serupa. Namun, spesifikasi masing-masing model berbeda. Spesifikasi lengkap Redmi K60 series bisa disimak di artikel ” “.

Nubia Red Magic 8 Pro resmi meluncur

Bukan cuma Redmi. Vendor asal China lainnya, yakni Nubia juga meluncurkan ponsel barunya.
Nubia meluncurkan ponsel gaming Red Magic 8 Pro series di China.

Ponsel buatan sub merek ZTE ini hadir dalam dua model, meliputi Red Magic 8 Pro dan Red Magic 8 Pro Plus. Red Magic 8 Pro series memiliki bezel layar yang sangat tipis, seolah tanpa bezel dan tampilannya didominasi layar.

Sedangkan punggung kedua ponsel terdapat modul kamera yang menampung tiga kamera utama, sisanya dihiasi ornamen ala ponsel gaming. Spesifikasi Red Magic 8 Pro dan Red Magic 8 Pro Plus secara umum memiliki kesamaan, misalnya pada aspek chipset, kamera hingga softwarenya.

Perbedaan keduanya ada pada aspek RAM dan penyimpanan, hingga kapasitas baterai. Untuk lebih jelasnya, spesifikasi Nubia Red Magic 8 Pro bisa disimak di artikel ” “.

Daftar ponsel yang tidak bisa pakai WhatsApp tahun depan

WhatsApp kembali memperbarui ketentuan minimal perangkat yang akan didukung aplikasinya. Beberapa sistem operasi (OS) lawas yang mungkin masih dijalankan ponsel “jadul” (lama), bakal tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp.

Ponsel-ponsel itu tidak akan bisa menggunakan WhatsApp per 31 Desember mendatang. Daftar ponsel apa saja yang tidak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp, bisa disimak di artikel ” “.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!