Pixel 6, Pecahakan Rekor Penjualan Smartphone Google Sepanjang Masa

portalutama.com – NESABAMEDIA.COM – Kehadiran smartphone Google Pixel 6 sejak tahun lalu, mendapatkan sambutan hangat, dan langsung menjadi favorit pengguna Android. Hal ini tercermin dari laporan kinerja Google, yang menyebutkan bahwa penjualan perusahaan pada kuartal keempat 2021 sampai menembus rekor, dan ini berkat Pixel 6.

Berikut ini pernyataan dari Sundar Pichai saat memaparkan mengenai laporan kinerja perusahaan:

“Pada kuartal keempat, kami mampu mencatatkan rekor penjualan untuk Pixel. Pencapaian ini berhasil diraih ketika kondisi global sedang mendapatkan tantangan dari masalah rantai pasokan. Respon untuk Pixel 6 dari para pelanggan dan mitra kami sangatlah positif, dan keberadaan AI membuatnya semakin membantu.”

Pidato Pichai itu kemudian berlanjut membahas fitur-fitur yang dikaitkan dengan kesuksesan Pixel 6, termasuk alat penerjemah real-time yang baru.

Angka-angka yang tepat mengenai laporan kinerja itu belum dibagikan oleh perusahaan, dan hasil pencapaian tersegmentasi Google itu tidak membagi hardware ke dalam kategorinya sendiri, dan semuanya disebut sebagai bagian dari layanan Google, yang mencakup Android, Chrome, Maps, Discover, Google Play dan Youtube.

Akan tetapi segmen tersebut benar-benar mengalami peningkatan, dengan pendapatan lebih dari $69 miliar pada kuartal keempat tahun 2021, yang naik dari $52.8 miliar pada tahun lalu. Kemudian pendapatan operasional mencatatkan hampir $26 miliar yang naik dari periode yang sama sebelumnya sebesar $19 miliar.

Karena smartphone Pixel terbaru itu diluncurkan pada musim gugur, atau sekitar bulan Oktober sampai November, ini juga berarti bahwa rekor tersebut diukur dengan setiap peluncuran Pixel flagship lainnya.

Tidak diketahui pasti apakah Pixel 6 memang menjadi seri Pixel paling banyak terjual sepanjang masa. Model sebelumnya mendapatkan masa pakai ritel dalam waktu 12 bulanan, dan Pixel 6 baru tersedia pada Oktober lalu.

Jika tren ini terus berlanjut, sepertinya Pixel 6 akan berada di jalurnya untuk menjadi seri Pixel dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Itu belum terhitung juga dengan ketersediaan di pasar terbatas, dibandingkan dengan model sebelumnya yang memiliki jangkauan pasar lebih luas.

Klaim ini merupakan perubahan besar dari beberapa tahun yang lalu ketika Google berjuang dengan sangat keras untuk bisa masuk ke pasar smartphone. Oktober lalu, Google juga meningkatkan target mereka dua kali lipat untuk penjualan smartphone, dan sepertinya harapan itu tercapai, bahkan mereka sampai kehabisan stok.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.