Mobile Game Anak Bikin Kartu Kredit Jebol? Coba Cara Ini!

portalutama.com – Sudah banyak cerita tentang orang tua yang kaget melihat akun kartu kreditnya penuh dengan tagihan dari perusahaan game online. Kini, Google menyediakan cara agar orang tua bisa memantau aktivitas anak di HP tanpa takut tagihan jebol.

Google sebetulnya sudah menyediakan cara bagi orang tua untuk membatasi aktivitas belanja anaknya di Google Play Store, yaitu sistem pembayaran untuk keluarga.

Dengan menyetel sistem pembayaran untuk keluarga. Perangkat yang didaftarkan di sistem pembayaran untuk keluarga akan menggunakan metode pembayaran yang sama. Setiap aktivitas pembelian, gratis atau berbayar, dilaporkan ke satu akun Google yang ditetapkan sebagai manajer.

Lewat cara ini, setiap kali anggota keluarga mengunduh aplikasi baru, membayar langganan di aplikasi tertentu, atau membeli produk di dalam aplikasi seperti “item” gim online, pengelola akun (biasanya orang tua) akan diberi tahu.

Cara ini memberikan alternatif bagi orang tua yang tidak ingin direpotkan untuk memasukkan info kartu kredit ke ponsel anaknya setiap kali ia ingin mengunduh atau membeli sebuah produk digital.

Namun, metode ini masih menyisakan masalah karena masih ada potensi anak melakukan pembelian besar-besaran yang baru disadari kemudian oleh orang tuanya di akhir bulan.

Kini, Google menyediakan fitur baru sehingga anak bisa meminta persetujuan pembelian langsung lewat HP. Metode ini juga tidak mengharuskan pembuatan metode pembayaran untuk keluarga.

Saat anak ingin membeli sebuah aplikasi atau produk digital lain di Play Store, orang tua akan mendapatkan notifikasi untuk memberikan persetujuan. Jika setuju, orang tua bisa menggunakan metode pembayaran di HP-nya untuk menyelesaikan proses pembelian aplikasi di HP anak.

Setiap permintaan pembelian dari anak, akan tampak di riwayat permintaan dan pembelian di akun Play Store milik orang tua.

Bukan hanya untuk motif ekonomi. Metode juga berguna bagi orang tua yang ingin memantau aplikasi dan produk digital yang digunakan oleh anak. Jika sebuah aplikasi dinilai tidak pas untuk usia anak, meskipun gratis, orang tua bisa menolak.

Berikut adalah cara menggunakan Family Payment Method di Google Play:

Cara mengaktifkan persetujuan pembelian lewat komputer:

Cara mengaktifkan persetujuan pembelian lewat HP Android:

error: Content is protected !!