Menkominfo minta warga desa Golo Loni NTT optimalkan teknologi digital

portalutama.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta warga desa Golo Loni, Nusa Tenggara Timur, memanfaatkan dengan baik teknologi digital untuk mendukung potensi wilayah mereka.

Johnny saat kunjungan ke Desa Golo Loni, Kabupaten Manggarai Timur, dalam keterangan pers diterima di Jakarta, Jumat, menjelaskan pemerintah memiliki Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja. Program itu bertujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam membeli produk dalam negeri, mendorong kemampuan dan keahlian lokal serta mengembangkan karya seni dan kreasi lokal.

“Desa Wisata Golo Loni bisa menjadi ujung tombak artisan lokal, kreasi lokal, kuliner lokal, dan homestay,” kata Johnny.

Dengan menjadi desa wisata, Desa Golo Loni bisa memiliki penghasilan dari berbagai kreasi mereka, misalnya kerajinan berbahan dasar bambu.

Kementerian Kominfo juga menyediakan pelatihan digital yang bisa dimanfaatkan warga untuk mendorong pemasaran pariwisata Desa Golo Loni. Pelatihan itu, menurut Johnny, juga menjadi jalan supaya desa terhubung ke jaringan pariwisata di Indonesia.

Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi membangun menara base transceiver station (BTS) di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Salah satu BTS yang dibangun di NTT berasa di Desa Golo Loni.

Dalam keterangan yang sama, Kepala Desa Golo Loni Yohanes B. Okalung mengapresiasi dukungan Kementerian Kominfo kepada desa itu. Keberadaan internet, kata Yohanes, bisa mempermudah Kelompok Sadar Wisata untuk mempromosikan potensi desa wisata.

Saat ini setidaknya terdapat empat atraksi wisata andalan di Desa Golo Loni, yaitu arung jeram, agrowisata sawah, kolam pancing dan tempat berfoto.

“Digitalisasi sangat membantu kami,” kata Yohanes.

Menurut Yohanes wisatawan domestik dan asing, antara lain dari Amerika Serikat, Jerman dan Australia pernah berkunjung ke sana dan tinggal sekitar satu minggu.

Yohanes mengharapkan keberadaan menara BTS di sana bisa mempermudah aktivitas pemasaran produk wisata sehingga semakin banyak orang yang ingin berkunjung ke Desa Golo Loni.

Jika kunjungan wisatawan meningkat, maka perekonomian desa juga bisa meningkat.

error: Content is protected !!