Kuasai Pasar Laptop, Asus Fokus Rakit Produk di Indonesia

portalutama.comJakarta,CNBC Indonesia –Tidak terasa sudah 10 tahun Asus berkiprah di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan dengan penguasaan pangsa pasar paling besar. Tidak heran, vendor asal Taiwan ini kemudian memiliki fokus baru di Indonesia, yaitu merakit perangkatnya di dalam negeri.

Commercial BDM of Asus Indonesia Yulianto Hasan mengatakan Asus akan mulai merakit laptop komersialnya untuk konsumen bisnis dan enterprise pada tahun 2023. Menurut Yulianto, seri produk komersial akan jadi seri yang pertama menggunakanTingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Selain itu, akan ada model yang menjadi local assembly ataupun TKDN di Indonesia melalui produk komersial,” kata Yulianto dikutip Kamis (30/3/2023).

Yulianto menambahkan rencana ini merupakan jawaban Asus terhadap pertumbuhan pasar laptop komersial secara global yang diprediksi tumbuh sebesar 13% antara tahun 2023 dan 2026.Selain itu, Yulianto menjelaskan bisnis komersial kini menjadi unit bisnis terbesar kedua bagi Asus setelah bisnis consumer di seluruh dunia.

Perakitan di dalam negeri juga menjadi salah satu bentuk kontribusi Asus terhadap kemajuan Indonesia. Hal ini mengacu kepada rencana industrialisasi ala Jepang dan Korea Selatan pada tahun 2030 yang dicanangkan oleh pemerintah.

Yulianto mengatakan edukasi merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan tersebut. Ia pun berharap dengan Asus memproduksi perangkatnya di Indonesia bisa meningkatkan edukasi dan kualitas sumber daya manusia Indonesia.”Kalau kita lihat roadmap pemerintah itu cukup panjang dan Asus kenapa kita lakukan local assembly, kita lakukan edukasi tujuannya itu untuk berkontribusi terhadap kemajuan dan edukasi di Indonesia,” pungkasnya.

error: Content is protected !!