Kenapa Microsoft Tidak Merilis Windows 9?

portalutama.com – NESABAMEDIA.COM – Selama bertahun-tahun, Microsoft telah menggunakan skema penamaan yang konsisten untuk perilisan sistem operasi mereka. Misalnya, ada Windows 95, 98, sampai dengan Windows 8. Namun ketika merilis versi setelah Windows 8, mereka memutuskan untuk menyebutnya dengan Windows 10, melewati angka 9.

Kenapa Microsoft melewati Windows 9 dan langsung ke Windows 10?

Ketika Windows 10 pertama kali diluncurkan, beberapa teori yang cenderung menjelaskan alasan rasional di balik keputusan Microsoft untuk melewati angka 9 muncul. Salah satunya adalah yang muncul di forum Reddit.

Diduga, banyak program lawas yang menggunakan Windows 9 sebagai referensi untuk Windows 95 dan 98 dalam pengkodeannya. Untuk menghindari masalah teknis, Microsoft memutuskan untuk menamai sistem operasi barunya dengan Windows 10.

Meski alasan ini masuk akal, namun ini bukanlah pernyataan resmi. Alasan yang didapat dari sumber resmi Microsoft menjelaskan bahwa motivasi di balik tidak digunakannya Windows 9 ternyata karena masalah marketing.

Mary Jo Foley mengatakan perusahaan memutuskan menggunakan nama Windows 10 karena mereka ingin memberikan tanda bahwa sistem operasi itu akan menjadi pembaruan utama Windows terakhir. Jadi secara sederhananya, angka 10 adalah cara untuk mengatakan, “kami di sini, dan tidak akan ada lagi rilisan Windows selanjutnya.”

Namun seperti yang kita ketahui sekarang, Windows 10 ternyata tidak menjadi versi terakhir. Microsoft merilis Windows 11 tahun lalu. Namun jika kita melihat lebih dekat, perilisan Windows 11 kemungkinan juga merupakan langkah besar bagian dari marketing perusahaan. Untuk semua maksud dan tujuan, Windows 11 hanyalah Windows 10 yang menyamar.

Apapun pendapat orang mengenai Windows 10, dari sisi buruk dan kelebihannya, itu adalah benar-benar sebuah rilisan sistem operasi paling sukses yang pernah dicatatkan Microsoft. Meskipun memang ada banyak sekali bug dan kesan sebuah sistem operasi yang belum jadi saat diluncurkan, Microsoft mampu memperbaiki hampir semua masalah yang sebelumnya ada.

Dengan kata lain, keputusan Microsoft untuk melewati dan tidak menggunakan Windows 9 dan memilih untuk memakai nama Windows 10, sukses membuahkan hasil.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.