Kemenkominfo tingkatkan kompetensi talenta digital di Digiers Day

portalutama.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya menghadirkan peningkatan kompetensi talenta digital khususnya yang dibutuhkan dunia kerja melalui acara Digiers Day.

“Hari ini adalah klimaksnya, hari bahagia dinamakan sebagai Digiers Day, yaitu hari untuk para talenta digital. Mereka sudah mengikuti pelatihan, sudah melaksanakan atau belajar di bidang digital pada hari ini kita bersama-sama bergembira, sekaligus memperkenalkan informasi dan peluang pekerjaan setelah berhasil melewati rangkaian pelatihan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto saat membuka Digiers Day di Jakarta, dalam siaran pers diterima Kamis.

Digiers Day adalah tempat pertemuan alumni sekaligus sekaligus informasi mengenai peluang kerja dan mengembangkan talenta. Pada acara itu, Hary menyampaikan wahana metaverse bisa dipelajari, Kementerian menyediakan modul, simulasi dan informasi pencarian pekerjaan.

“Jadi itu adalah terobosan-terobosan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memberikan pelayanan terbaik di dalam pengembangan SDM digital atau penyediaan talenta digital,” kata Hary.

Kementerian Kominfo memiliki program pengembangan SDM digital, yaitu Digital Talent Scholarship, pelatihan supaya angkatan kerja memiliki keterampilan dan kompetensi di bidang digital.

“Saat ini kita sudah memasuki era digital, sudah memasuki era industri 4.0, dan sudah memasuki masyarakat digital 5.0 maka talenta digital sangat diperlukan. Kita tidak lagi melakukan digitasi, tidak lagi melakukan digitalisasi, tetapi kita melakukan transformasi digital,” kata Hary.

Sejalan dengan tujuan itu, Kementerian berupaya meningkatkan kompetensi peserta Digital Talent Scholarship supaya memiliki pola pikir baru. Transformasi digital, kata Hary, menuntut kompetensi yang lebih dari biasa sehingga kita harus mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi digital.

Selama 2022, Kementerian Kominfo menyediakan beasiswa pelatihan untuk 200.000 peserta Digital Talent Scholarship, mulai dari tingkat dasar sampai mahir.

error: Content is protected !!