Google Luncurkan Android 13 Developer Preview Pertama

portalutama.com – NESABAMEDIA.COM – Android 13 versi Developer Preview (pratinjau pengembang) pertama baru saja diluncurkan, dan ini menawarkan beberapa petunjuk yang menarik mengenai fokus Google untuk pembaruan utama sistem operasi seluler tersebut di tahun ini. Fitur baru ini termasuk meningkatkan opsi tema dan fitur privasi, bahasa baru pengendalian, dan tentu saja peningkatan di latar belakang.

Versi pratinjau awal ini lebih ditujukan untuk para pengembang, ketimbang pengguna akhir, jadi lebih baik bagi anda pengguna biasa untuk tidak meningkatkan ke versi baru, sampai ada versi yang lebih stabil dikirimkan.

Setelah Android 12 sebelumnya yang berfokus pada bahasa desain Material You yang bisa lebih leluasa dikustomisasi, Android 13 memperluas ikon aplikasi dinamis ke semua aplikasi ketimbang hanya aplikasi buatan Google. Fitur ikon bertema ini memungkinkan ikon aplikasi untuk menerapkan warna yang sesuai dengan wallpaper yang digunakan pengguna, selama pengembang aplikasi itu memberikan ikon monochrome yang kompatibel.

Fitur ini akan lebih dahulu dihadirkan untuk perangkat Pixel, namun Google mengatakan tengah bekerja dengan pabrikan lainnya untuk merilis fitur itu lebih luas.

Ada juga sejumlah perubahan pada hal bagaimana Android akan menangani masalah izin dan keamanan. Sebuah fitur pemilih foto akan memungkinkan pengguna untuk berbagai foto dan video dengan aplikasi secara individual tanpa aplikasi tersebut membutuhkan izin untuk melihat semua foto yang ada di perangkat. Google pada dasarnya juga berencana untuk menghadirkan fitur ini ke semua perangkat smartphone yang menjalankan Android 11 dan versi lebih tinggi.

Tentu saja ada banyak hal baru lain yang terjadi di bawah atap dengan versi pratinjau pengembang yang baru ini. Perubahan tersebut sepertinya akan menyangkut fitur untuk penggunaan sehari-hari. Misalnya, sebuah perizinan Wi-Fi yang baru, yang memungkinkan aplikasi untuk menemukan dan menghubungkan ke Wi-Fi tanpa harus membutuhkan izin lokasi, dan preferensi bahasa kini memiliki opsi untuk disetel per aplikasi.

Google juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus berinvestasi pada Project Mainline, untuk mengirimkan lebih banyak pembaruan melalui Google Play, ketimbang pada tingkat sistem operasi. Lebih lanjut, pihaknya berkeinginan merilis Android 13 Pratinjau Pengembang sepanjang bulan Februari dan Maret, sementara masa transisi ke versi Beta akan dilakukan sekitar bulan April.

Diharapkan versi stabil Android 13 akan dikirimkan di bulan Juni atau Juli, menjelang peluncuran resminya pada akhir tahun. Semoga saja pembaruan kali ini lebih halus lagi ketimbang Android 12 yang memiliki banyak masalah stabilitas.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.