Fitur Menarik yang Kalian Nggak Tahu Ada di Gmail

portalutama.com – UI sederhana, fitur menarik dan efisiensi yang ditawarkan Gmail memang menjadi salah satu alasan mengapa layanan ini menjadi layanan surel terpopuler di dunia. Gmail telah menjadi layanan email yang paling banyak digunakan dan diakses saat ini.

Dibalik tampilan menarik yang tetap memberikan kesan dinamis dan minimalis ini, Gmail memiliki banyak sekali fitur unggulan yang menarik untuk digunakan. Misalnya, kita bisa dengan mudah mengategorikan beberapa email untuk kemudian disimpan. Anda bisa mengaksesnya kembali di daftar tersebut yang mana akan berisikan kumpulan email yang disimpan.

Ketika Google mulai memberlakukan UI terbaru mereka dengan Material You, layanan Gmail sebelumnya memang telah mendapatkan sejumlah perbaikan UI yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengatur fiturnya sebut saja seperti membuat jadwal email untuk dikirim, membuat label hingga mengubah tema yang digunakan.

Namun, ternyata dibalik fitur yang Anda ketahui masih ada lho beberapa fitur dari Gmail yang mungkin saja tak pernah terbayang ada di dalam platform ini. Gmail masih menyimpan banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk membantu aktivitas kerja seharian.

Untuk lebih jelasnya, simak apa saja fitur lainnya yang mungkin tak pernah Anda bayangkan ada di Gmail, selengkapnya di bawah ini:

Merapikan Surel dengan Label

Fitur yang satu ini nampaknya membuat Google terinspirasi dari fitur yang ada di MacOS untuk pengelolaan berkas, di mana pengguna Gmail hanya perlu mengatur kelompok email mereka dengan menggunakan label.

Di Gmail telah ada sebuah fitur label yang bisa digunakan sesuai dengan pilihan warna, setiap warna akan mewakili label berbeda yang bisa diatur sendiri oleh pengguna Gmail.

Rapikan Email Otomatis

Selain memberikan serangkaian fitur menarik, di Gmail ada fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa menerapkan label secara langsung. Misalnya, Anda bisa mengatur email dari perusahaan A ke label Merah, sedangkan semua email dari perusahaan B bisa langsung dimasukkan ke label Putih.

Undo Laporan Terbaca

Gmail sekarang bisa mengetahui jika email yang dikirimkan oleh perusahaan sudah dibaca (Gmail Web), namun pengguna ternyata bisa mengaturnya menjadi belum dibaca. Akses Gmail melalui Chrome, pilih Settings, klik See All Settings, cari dan pilih Advanced. Geser ke bawah dan klik Unread Message Icon, Save Changes.

Mengubah Tema Gmail

Setelah melakukan berbagai macam perubahan UI, kini pengguna Gmail bisa dengan mudah mengubah tema dari Gmail yang mereka gunakan. Kini pengguna juga bisa menggunakan tema dengan menerapkan pilihan gambar yang tersimpan di PC. Namun usahakan agar tidak melebihi 20MB ukuran maksimal.

Nonaktifkan Google Chat dan Meet

Gmail versi terbaru memang memberikan lebih banyak integrasi menarik, seperti Google Chat dan Meet. Namun Anda bisa kok mematikan fitur ini dengan mudah. Caranya hanya perlu akses Settings, klik See All Settings, cari Chat & Meet, cari Chat dan pilih Off. Kemudian cari Meet dan pilih Hide the Meet Section in the Main Menu, simpan perubahan.

Bagaimana? Menarik bukan? Gmail kini sudah bisa diakses dan untuk Anda yang ingin menggunakan fitur terbaru bisa mengakses di PC dan melakukan pembaruan di iOS dan Android.

    Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

    Download Software Windows

    Download Aplikasi Android

    Download Driver Printer

    Download Sistem Operasi

    Hudalil Mustakim, lebih akrab dipanggil Alil. Saya seorang Content Writer yang cukup lama bergelut dalam bidang ini, saya menyukai hal baru khususnya dalam menulis berbagai macam gaya penulisan artikel yang bervariasi.

    error: Content is protected !!