Fitur Avatar WhatsApp Resmi Hadir di Indonesia

portalutama.com – Setelah diuji coba selama beberapa waktu terakhir, fitur ” Avatar ” WhatsApp akhirnya hadir secara resmi di Indonesia, Rabu (7/12/2022). Dengan fitur ini, pengguna bisa berkreasi membuat avatar mereka sendiri untuk dijadikan stiker maupun foto profil.

“Kami menghadirkan Avatar di WhatsApp! Sekarang Anda bisa menggunakan Avatar diri Anda sebagai stiker di dalam obrolan, dan akan lebih banyak gaya yang akan segera hadir di aplikasi,” kata CEO Meta (induk WhatsApp) Mark Zuckerberg dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Pantauan KompasTekno, fitur Avatar ini belum merata disebar ke pengguna Indonesia. Biasanya, penggelontoran fitur baru memang dilakukan secara bertahap dan biasanya baru muncul di aplikasi dalam beberapa waktu ke depan.

Nantinya, fitur Avatar bisa ditemukan lewat menu “Settings” (Pengaturan). Dengan fitur Avatar, pengguna WhatsApp bisa membuat gambar tiga dimensi mirip dirinya sendiri. Fitur Avatar di WhatsApp ini sangat mirip dengan fitur Avatar yang hadir lebih dulu di Instagram.

Seperti di Instagram, pengguna WhatsApp kini bisa membuat Avatar dengan beberapa elemen yang dipersonalisasi.

Misalnya, pengguna bisa menyesuaikan gaya rambut, bentuk mata, hidung, mulut, bentuk kepala, sesuai keinginannya. Pengguna juga bisa memilih aksesori dan pakaian yang ingin disematkan pada Avatar WhatsApp sesuai keinginan.

Setelah dibuat, Avatar ini akan muncul dalam bentuk stiker. Pengguna bakal memiliki 36 stiker Avatar yang bisa langsung digunakan ketika berkirim pesan di chat personal maupun grup WhatsApp.

Avatar tersebut tersedia dalam berbagai ekspresi, mulai dari senang, sedih, terkejut, dan lainnya. Selain stiker, Avatar yang sudah dibuat juga bisa dijadikan foto profil WhatsApp.

Cara membuat WhatsApp Avatar

Berikut panduan membuat avatar di WhatsApp:

  • Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp.
  • Lalu, klik ikon “tiga titik” yang ada di bagian atas kanan tampilan utama WhatsApp.
  • Kemudian, pilih menu “Settings” dan klik menu “Avatar”.
  • Selanjutnya, klik tombol “Create your Avatar”.
  • Klik tombol “Get started” di tampilan selanjutnya untuk mulai membuat avatar WhatsApp.
  • Di halaman selanjutnya, pilih warna kulit yang diinginkan dan klik tombol “Next”.
  • Lalu, pilih dan atur elemen atau fitur wajah sesuai dengan keinginan pengguna. Beberapa elemen wajah yang bisa diatur mencakup rambut, mata, hidung, mulut, bentuk kepala, dan masih banyak lagi.
  • Pengguna juga bisa memilih baju yang dikenakan avatar mereka, atau aksesori kepala macam topi, kacamata, dan lain sebagainya.
  • Setelah mengatur elemen wajah dan aksesorinya, klik tombol “Done” dan “Save changes” untuk menyimpan avatar yang telah dibuat.

Selesai, avatar sudah jadi dan bisa dilihat melalui menu “Avatar” di halaman pengaturan WhatsApp.

Di menu Avatar, pengguna bisa mengeklik menu “Browse stickers” untuk melihat stiker WA apa saja yang dibuat berdasarkan avatar tersebut, atau “Create profile photo” untuk menjadikan avatar itu sebagai foto profil WA.

Selain itu, pengguna juga bisa mengeklik ikon “pena” untuk mengedit avatar, atau mengeklik menu “Delete avatar” untuk menghapus avatar yang sudah dibuat dan menggantinya dengan yang baru.

Apabila pengguna ingin mengirim stiker WA yang sesuai dengan avatar yang sudah dibuat, pengguna bisa membuka kolom emotikon dan pilih ikon “Avatar” yang terletak di sebelah kanan kolom “Sticker”, sebagaimana gambar paling kanan di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!