Cara Menampilkan Widget YouTube yang Kini Tersedia di Android

portalutama.comWidget YouTube kini tersedia juga untuk perangkat dengan sistem Android . Sebelumnya, widget YouTube ini hanya tersedia untuk perangkat dengan sistem iOS.

Widget merupakan fitur yang biasanya digunakan untuk memaksimalkan fungsi sebuah aplikasi dengan menampilkannya di halaman awal ponsel. Widget memudahkan pengguna untuk bisa dengan cepat mengakses aplikasi tertentu.

Google memang telah menyediakan widget untuk memudahkan pengguna ketika akan mencari informasi. Widget tersebut biasanya sudah terpasang di halaman awal handphone. Ada beberapa pilihan tampilan yang bisa disesuaikan dengan selera pengguna.

Widget pada dasarnya adalah elemen GUI (Graphical User Interface) yang bertugas untuk menampilkan informasi atau memberikan cara khusus bagi pengguna untuk menggunakan sistem operasi tertentu atau pun aplikasi.

Kali ini, giliran YouTube yang juga telah menyediakan widget tersebut. Widget YouTube ini membantu penggunanya untuk melakukan pencarian langsung tanpa harus membuka aplikasi YouTube terlebih dahulu.

Adapun ketersediaan widget YouTube ini dilakukan berkat perombakan yang dilakukan di Google Material You, sebuah program Google yang bertugas untuk mengembangkan tampilan antarmuka (user interface).

Sejauh ini, tampilan widget YouTube baru tersedia dua jenis, yang bisa dengan mudah Anda pilihan pada menu widget ponsel Anda.

Widget YouTube jenis pertama menampilkan kolom pencarian cepat YouTube . Kolom ini bermanfaat untuk memudahkan pengguna dalam mencari konten secepatnya.

Sedangkan jenis widget YouTube yang kedua lebih memiliki menu tambahan, yakni kolom pencarian dan dilengkapi dengan ikon lain seperti Home, Subscription, dan Shorts.

Untuk menikmati fitur widget YouTube ini, pengguna minimal harus menggunakan sistem operasi Android 12.

Cara untuk menampilkan widget YouTube pada ponsel anda cukup mudah, yakni seperti ketika Anda akan menambahkan widget lain seperti jam, cuaca, atau bahkan catatan hingga kalkulator.

Tekan layar utama selama beberapa detik, tetapi pastikan ada ruang yang cukup kosong pada halaman utama tersebut.

Setelah itu akan muncul pilihan pada bagian bawah, yakni wallpaper, widget, dan setelan. Pilihlah menu widget.

Jika ponsel Anda telah menggunakan sistem operasi Android 12, maka pilihan menu widget YouTube akan langsung tersedia. Carilah hingga ke bagian bawah pilihan widget tersebut.

Jika sudah ada, pilihlah tampilan jenis widget YouTube sesuai selera Anda, maka widget YouTube tersebut akan langsung ditampilkan pada menu utama layar ponsel Anda.

Sesuaikan bentuk widget YouTube tersebut sesuai kebutuhan. Anda bisa memperkecil ataupun memperbesar tampilannya.

Itulah cara menampilkan widget YouTube untuk ponsel dengan sistem perangkat Android . Selamat mencoba!***

error: Content is protected !!