Awalnya, Desain Animasi Notifikasi Toast di Windows 8 Berbeda Dari Yang Ada Sekarang

portalutama.com – NESABAMEDIA.COM – Sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa mantan CEO Microsoft Steve Ballmer mengungkap hal yang selama ini tidak banyak diketahui orang mengenai Cortana, yang ternyata pernah hampir dinamai Bingo.

Informasi yang mengungkap rahasia di balik layar sebuah produk atau kebijakan perusahaan, seringkali muncul dari waktu ke waktu secara tidak terduga. Ini memberikan pandangan yang menarik dari sebuah proses internal yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft.

Kini informasi yang serupa dari balik layar dapur Microsoft kembali muncul. Kali ini adalah mengenai animasi dari notifikasi toast di Windows 8 yang terkenal itu, yang ternyata memiliki hal yang sangat berbeda pada awalnya.

Informasi ini disampaikan secara langsung oleh petinggi Microsoft Raymond Chen, yang mengatakan bahwa pada akhirnya pengguna melihat notifikasi toast di Windows 8, ditempatkan di bagian pojok kanan atas. Notifikasi ini kemudian bisa ditutup dengan menggesernya ke arah kanan, mirip dengan perilaku menggesek yang juga ada di Windows 10 dan Windows 11.

Menurut Chen, ada seorang petinggi Microsoft lainnya yang meminta agar notifikasi toast itu didesain untuk bisa ditutup dengan menggeser ke arah kiri, sehingga ketika anda mengangkat kursor mouse anda, maka notifikasi itu akan diperbesar ke arah kanan, mirip sebuah karet yang ditarik dan kemudian dilepaskan kembali.

Desain Animasi Notifikasi Toas Windows 8

Meski Chen tidak mengungkap siapa petinggi Microsoft itu, dia mengatakan bahwa tim desainer akhirnya mampu membujuk agar ide tersebut tidak dipakai. Chen dengan sedikit bercanda menyebut bahwa ide desain dari sistem operasi adalah melawan hukum fisika, sehingga ide pergerakan notifikasi toast yang digeser ke arah kiri akan memperbesar tampilan dianggap sebagai animasi yang bodoh, dan sia-sia.

Kalau dipikir-pikir, memang ada baiknya jika Windows 8 pada akhirnya tidak menggunakan desain animasi seperti itu. Namun identitas siapa petinggi Microsoft yang melontarkan ide tersebut, membuat publik menjadi semakin penasaran, karena tentu saja ide semacam itu dianggap terlalu konyol.

Dan mungkin jika ternyata ide tersebut benar-benar diterapkan, maka bisa saja desain animasi itu juga akan hadir di Windows 10 ataupun Windows 11 yang ada sekarang ini.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.