Apple Bakal Rilis iPad Mini Baru Tahun Depan?

portalutama.com – pada September 2021 lalu.

Namun, kabar terbaru mengungkapkan bahwa Apple bakal kembali meluncurkan iPad Mini generasi ketujuh pada akhir 2023 atau awal 2024 mendatang. Informasi tersebut diungkap oleh analis produk Apple kenamaan, Ming-Chi Kuo melalui akun Twitter pribadinya, dengan handle @mingchikuo, Selasa (27/12/2022).

Kuo mengunggah sejumlah spekulasinya dalam bentuk thread (utas). Konon, iPad Mini yang diluncurkan pada 2023 mendatang bakal ditenagai oleh chipset yang lebih ngebut dibanding pendahulunya, . Spesifikasi itu yang nantinya akan menjadi nilai jual utama dari perangkat.

“Apple tengah mengembangkan iPad Mini versi terbaru, (yang mana) nilai jual utamanya adalah menggunakan chipset terbaru, dan pengirimannya diyakini akan dilakukan pada akhir 2023 atau semester-I 2024,” imbuh Kuo.

Kendati begitu, Kuo tidak menjelaskan lebih lanjut jenis atau varian chipset apa yang bakal digunakan iPad Mini generasi ketujuh. Apabila merujuk pada iPad Mini sebelumnya, perangkat tersebut mengandalkan chipset Apple A15 Bionic.

Apple A15 Bionic merupakan chipset yang berada di satu level lebih bawah dari Apple A16 Bionic, chipset yang mentenagai iPhone 14 series. Jadi, kemungkinan besar, iPad Mini 7 bakal mengandalkan A16 Bionic, sedangkan iPhone 15 disinyalir akan ditenagai oleh chipset A17 Bionic yang baru.

Dilansir KompasTekno dari Tech Spot, Kamis (29/12/2022), kehadiran iPad Mini terbaru nanti akan menjadi bukti dari komitmen Apple untuk memberikan alternatif antara perangkat iPad dengan model flagship iPhone.

Sebelumnya, produksi iPad Mini dari generasi empat ke generasi kelima sempat dihentikan selama empat tahun, dari 2015 hingga 2019. Saat diluncurkan pada 2019 lalu, hadir dengan spesifikasi yang jauh lebih memupuni dibandingkan pendahulunya.

Misalnya, dukungan layar yang lebih luas, kamera beresolusi tinggi, menggunakan slot USB-C sebagai tempat pengisian daya atau transfer data, dan sebagainya.

Namun, tampaknya iPad Mini 7 kali ini tidak akan menggunakan strategi yang sama. Melansir Tech Spot, perubahan chipset akan menjadi satu-satunya peningkatan yang dilakukan. Atau kemungkinan lainnya, Apple bakal menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih luas.

Tidak ada iPad lipat?

Tidak hanya kehadiran iPad Mini generasi 7. Kuo juga memberikan sinyal iPad lipat tidak akan meluncur dalam waktu dekat.

Beberapa tahun belakangan, tepatnya sekitar tahun 2019 lalu, rumor menyebut Apple akan meluncurkan iPad dengan kemampuan layar lipat. Kuo menyebut iPad model layar lipat tampaknya tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat sampai 2025 mendatang.

“Hal ini dikarenakan harga dari iPad yang model lipat akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan iPad Mini. Oleh karena itu, kemunculan dari iPad model lipat (tampaknya) tidak mungkin (diluncurkan dalam waktu dekat),” ujar Kuo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!