Anak Muda RI, Ada Pesan Penting dari Menteri Nadiem Buat Kamu

portalutama.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, punya pesan khusus bagi generasi muda.

Menurut Nadiem setiap generasi punya tantangan yang berbeda. Di generasi saat ini tantangannya yakni terlalu banyak pilihan atau opsi, sehingga membuat kewalahan.

“Menurut saya krisis dari generasi ini adalah too many option, terlalu banyak choice dan itu bisa overwhelmed. Itu (pilihan) bukan sesuatu hal yang selalu positif,” ujar Nadiem dalam acara MOFEST 2022, di gedung Kementerian Keuangan, Kamis (1/12/2022).

Untuk itu Nadiem menyarankan apa yang jangan dan harus dilakukan generasi muda untuk bisa fokus menghadapi keadaan saat ini dan ke depannya. Pertama, pendiri Gojek itu tegas menyatakan untuk tidak membuang waktu bermain media sosial. Menurutnya, bermain media sosial bisa menguras waktu, energi dan emosional.

Ia melihat banyak sekali generasi muda yang terobsesi dengan media sosial, dengan jumlah like yang disuka, dan segala perhatian yang ada di dalamnya. Penyesalan pun akan terjadi beberapa tahun mendatang, sebab tidak terlalu menghabiskan waktu dengan hal yang lebih bermanfaat.

“Kalau energi waktu emosional kita masuk ke situ, sangat sedikit sisanya untuk bisa sukses dalam startup, dalam karier, organisasi, keluarga, dan lainnya,” ujarnya.

Kedua, perlu ditanamkan mindset mengambil risiko. Ia mengatakan bahwa tak bisa menggantungkan kesuksesan tanpa mengambil risiko apapun. Jika ingin tumbuh sebagai individu, baik secara karir atau pribadi, Nadiem menyarankan kamu untuk berani mengambil risiko.

“Kalau anda selalu merasa playing safe, ya engga apa-apa, tapi jangan harapkan extraordinary grow. Ini bukan karena saya entrepreneur, tapi ini fisika daripada hidup,” terangnya.

Hal lain yang perlu ditanamkan adalah mindset growth, dimana rasa ingin tahu tinggi dan tidak merasa bosan untuk belajar sesuatu. Dan satu-satunya cara untuk selalu ingin belajar yaitu tidak boleh merasa pintar dan cukup.

error: Content is protected !!