9 Jenis-jenis Keyboard Komputer Beserta Fungsinya

portalutama.com – Keyboard merupakan bagian dari perangkat keras yang ada di setiap komputer . Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan instruksi ke komputer dengan menekan tombol yang kemudian dikirim ke prosesor.

Fungsi utama keyboard adalah untuk memasukkan data ke komputer atau perangkat. Keyboard bertindak sebagai perangkat input untuk entri data.

Meskipun fungsi keyboard dalam setiap komputer terlihat hampir sama akan tetapi terdapat berbagai jenis keyboard di pasaran. Jenis-jenis ini bergantung pada penggunaannya.

Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk membeli keyboard pastikan bahwa Anda memilih keyboard sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memilih jenis keyboard yang sesuai perlu untuk mengetahui beberapa jenis keyboard yang ada di pasaran. Berikut KompasTekno telah merangkum jenis-jenis keyboard beserta fungsinya yang umum ditemui di pasaran.

Keyboard multimedia

Secara desain keyboard multimedia memiliki desain yang sama dengan keyboard pada umumnya. Akan tetapi, papan ketikan ini dilengkapi dengan beberapa tombol untuk menyesuaikan dengan kebutuhan multimedia.

Tombol-tombol tersebut seperti tombol pengatur suara, tombol khusus untuk membuka aplikasi multimedia, tombol untuk edit multimedia, dan lain sebagainya.

Papan ketik ini cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan atau aktivitas multimedia yang tinggi. Dengan berbagai tombol tambahan untuk mengatur aktivitas multimedia, pekerjaan Anda dapat terbantu dengan baik.

Keyboard mekanik

Keyboard mekanik adalah keyboard yang memiliki saklar di bawahnya untuk menghasilkan jenis suara yang lebih keras dibandingkan keyboard membran seperti yang ada di pasaran.

Suara keras yang dihasilkan oleh papan ketik ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Biasanya, keyboard ini digunakan untuk kebutuhan mengetik script yang panjang atau bermain game.

Selain itu papan ketik mekanik diklaim lebih tahan lama dibandingkan dengan keyboard membran atau keyboard biasa.

Keyboard nirkabel

Papan ketik nirkabel adalah keyboard yang dihubungkan tanpa menggunakan kabel. Biasanya, digunakan menggunakan bantuan Bluetooth atau WiFi agar dapat bekerja dengan baik.

Dengan dihubungkan tanpa kabel papan ketik ini sangat fleksibel digunakan karena pengguna tidak perlu terganggu dengan adanya kabel keyboard yang menjuntai atau memenuhi meja kerja.

Keyboard USB

Papan ketik USB adalah papan ketik yang dihubungkan menggunakan kabel. Umumnya, keyboard ini dihubungkan menggunakan kabel USB dengan salah satu ujungnya ditancapkan ke port keyboard dan ujung lainnya ditancapkan ke komputer.

Keyboard ergonomis

Jenis papan ketika ini dibuat secara khusus untuk memberikan kenyamanan pengguna karena keyboard ini dapat disesuaikan dengan tangan pengguna.

Pada dasarnya keyboard ini didesain dengan mengutamakan kesehatan tangan dalam jangka panjang. Mengingat aktivitas mengetik dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu kesehatan tangan.

Keyboard gaming

Keyboard gaming adalah jenis keyboard yang dirancang khusus untuk bermain game.
Perbedaan signifikan keyboard ini dengan keyboard pada umumnya adalah adanya tombol W, A, S, dan D yang dibuat dengan desain khusus, sehingga menimbulkan kesan bahwa keyboard ini hanya untuk bermain game.

Selain itu papan ketik ini juga dilengkapi dengan lampu RGB. Tombol-tombol yang ada pada keyboard juga membutuhkan lebih sedikit tekanan saat digunakan sehingga membuat respons lebih cepat saat digunakan bermain game.

Keyboard chiclet

Jenis keyboard chiclet memiliki desain tuts yang tinggi dan berjarak, sehingga terkesan menyatu dengan area sekitar keyboard. Keunggulan dari papan ketik ini adalah adanya desain tombol yang lebih besar, sehingga dapat meminimalisir kesalahan ketik yang biasa terjadi.

Keyboard membran

Keyboard membran awalnya digunakan untuk komputer buatan lama. Akan tetapi hingga saat ini keyboard membran mengalami perkembangan signifikan dan banyak digunakan untuk berbagai jenis laptop.

Papan ketik ini memiliki ketinggian tuts yang lebih rendah sehingga banyak orang yang mengatakan sulit untuk mengetik pada keyboard membran.

Keyboard fleksibel

Keyboard fleksibel, dirancang untuk dapat digunakan dalam kondisi apapun, sehingga dapat dilipat dengan mudah tanpa patah.

Meskipun begitu, papan ketik ini juga berisi tombol seperti huruf, angka, dan berbagai simbol lainnya. Banyak orang menyukai keyboard ini karena kelenturannya, sehingga lebih awet digunakan.

error: Content is protected !!