4 Fitur Unggulan Oppo Pad Air yang Dijual Harga Rp 4 Juta di Indonesia

portalutama.com – Oppo resmi meluncurkan Oppo Pad Air di Indonesia pada Senin (12/12/2022).

Tablet pertama Oppo di Tanah Air ini dibanderol dengan harga Rp 4 juta untuk satu-satunya varian memori 4/64 GB.

Dengan harga tersebut, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengungkapkan bahwa Oppo Pad Air menawarkan keunggulan di dua aspek utama, yaitu multimedia dan produktivitas .

Keunggulan aspek multimedia

1. Layar besar

Aryo mengatakan, Oppo Pad Air memiliki layar besar dengan panel panel LCD IPS berukuran 10,36 inci dengan resolusi 2K (2.000 x 1.200 piksel) untuk memanjakan mata pengguna ketika menonton konten multimedia.

“Layarnya juga sangat jelas, terutama untuk menonton Netflix,” kata Aryo.

Hal itu dimungkinkan karena Oppo Pad Air sudah memiliki codec Widevide L1 untuk menonton Netflix dalam mode definisi tinggi atau High Definition (HD) hingga 1080p.

2. Empat speaker simetri

Aryo juga mengatakan, Oppo Pad Air telah dilengkapi dengan empat speaker simetri. Dalam orientasi landscape, masing-masing dua speaker terletak di sisi kanan dan kiri bodi tablet ini.

“Masing speaker berdaya 1 watt. Jadi itu cukup keras,” kata Aryo.

Empat speaker Oppo Pad Air ini juga sudah didukung teknologi Dolby Atmos. Menurut Aryo, teknologi itu sangat membantu performa speaker pada tablet ini, terutama untuk mendengarkan konten-konten multimedia, streaming fil, dan lainnya.

Keunggulan aspek produktivitas

1. ColorOS 12.1 dengan segala fiturnya

Aryo mengatakan, aspek produktivitas pada Oppo Pad Air sangat didukung oleh antarmuka ColorOS 12.1. ColorOS 12.1 membawa sejumlah fitur produktivitas seperti split screen, floating window, Multi-Screen Connect.

Dengan split screen, pengguna bisa membagi layar Oppo Pad Air menjadi dua lembar kerja. Dengan begitu, pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus.

Oppo Pad Air juga memiliki fitur floating window, di mana jendela aplikasi bisa dibuat “mengambang” atau berada di atas jendela aplikasi lain. Ukuran floating window juga bisa diatur sangat kecil.

Selanjutnya, fitur Multi-Screen Connect (koneksi ke multi-perangkat) memungkinkan ponsel Oppo yang kompatibel untuk terhubung ke tablet Oppo Pad Air.

Dengan fitur Multi-Screen Connect, pengguna bisa merima pemberitahuan, transfer dan edit file, serta salin dan tempel teks antar ponsel Oppo dan tablet Oppo Pad Air pengguna.

Saat ini, ponsel Oppo yang kompatibel dengan fitur Multi-Screen Connect meliputi Oppo Find X2 Pro, Oppo Find X3 Pro, Oppo Find X5 Pro, Oppo Reno 8 Pro 5G, Oppo Reno 8 5G, Oppo 8 Z 5G, Oppo Reno 7 Z 5G, dan Oppo Reno 7 5G.

“Kalau untuk beberapa perangkat lain mungkin masih akan ada peningkatan dari sisi software untuk kompatibilitas. Tapi yang sudah diuji kurang lebih adalah perangkat yang sudah disebutkan tadi,” kata Aryo.

2. Stylus

Tablet Oppo Pad Air juga sudah mendukung aksesori stylus (pena digital) dan smart keyboard untuk menunjang produktivitas pengguna.

“Stylus Oppo Pad Air sangat oke karena tylus ini memiliki pressure sensitivity yang mampu membedakan 4.096 tingkat tekanan dan masih bisa dipakai di sudut kemiringan 60 derajat,” kata Aryo.

Di samping itu, menurut Aryo, stylus ini tak perlu di-charge karena mengandalkan satu baterai triple AAA untuk bertahan selama 1 tahun atau daya tahan stand-by selama 10.000 jam.

Saat ini, Oppo Pad Air sudah bisa dipesan (pre-order) seharga Rp 4 juta (4/64 GB) mulai 12-22 Desember di marketplace rekanan Oppo.

Harga tersebut tidak termasuk stylus dan keyboard yang dijual terpisah.

“Ketersediaan stylus dan keyboard baru akan diumumkan pada 23 Desember,” kata PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto dalam acara peluncuran Oppo Pad Air di Oppo Gallery, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2022).

Spesifikasi Oppo Pad Air di Indonesia

Untuk spesifikasi Oppo Pad Air , layar Oppo Pad Air menggunakan panel LCD IPS berukuran 10,36 inci dengan resolusi 2K (2.000 x 1.200 piksel), refresh rate 60 Hz, serta touch sampling rate 120 Hz.

Layar tersebut juga mendukung tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 360 nits, tingkat kerapatan layar 225 ppi, serta memiliki rasio bodi-ke-layar 83,5 persen.

Di sisi tengah layar (orientasi landscape), terdapat sebuah punch hole yang memuat kamera depan 5 MP (f/2.2).

Sementara di bagian belakang, Oppo Pad Air dibekali sebuah kamera utama beresolusi 8 MP (f/2.0) dengan dukungan fokus berkesinambungan alias continuous Auto Focus. Kamera utama ini dapat merekam video hingga resolusi 1080p di 30 fps.

Di sektor dapur pacu, Oppo Pad Air ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680, yang dipadukan dengan satu kombinasi RAM/penyimpanan media, yaitu 4/64 GB.

Bila dirasa kurang, terdapat slot kartu eksternal microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan media hingga 512 GB. Di samping itu, Oppo Pad Air juga dilengkapi fitur Extended RAM hingga 3 GB. Jadi, total kapasitas RAM yang bisa dinikmati pengguna adalah hingga 7 GB.

Untuk aspek daya, Oppo Pad Air dibekali baterai berkapasitas 7.100 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 18 watt. Tablet mid-range Oppo ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12.1.

Fitur lain yang dibawa Oppo Pad Air meliputi Bluetooth 5.1, WiFi 5, USB Type-C, empat speaker berteknologi Dolby Atmos, face unlock, port USB Type-C untuk pengisian daya dan konektor earphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!