News  

Teten minta Bupati Garut siapkan produk UMKM untuk dipamerkan di G20

Jakarta (ANTARA) – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta Bupati Garut, Jawa Barat, menyiapkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk dipamerkan dalam kegiatan G20 Indonesia.

“Saya meminta Bupati untuk siapkan produk UMKM untuk G20 nanti. Nanti produk Garut misalnya jaket kulit pasti banyak peminat dari perwakilan delegasi,” ucapnya dalam acara Limbangan UMKM Expo 2022 di Garut, lewat keterangan resmi, Jakarta, Minggu.

Saat ini, lanjutnya, masyarakat harus turut mendukung UMKM lokal dengan mencintai dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Salah satu upaya mendorong penggunaan produk UMKM negeri ialah mengadakan pameran di setiap daerah tanah air sebagaimana Limbangan UMKM Expo 2022, Garut.

Menurut Teten, interaksi ekonomi dalam pameran semacam itu akan menjadi ruang proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Expo semacam ini sangat bagus dan positif untuk mempromosikan produk UMKM. Kalau berlanjut, nanti disiapkan dengan baik lalu produknya dikurasi sehingga bisa masuk kalender kecamatan secara rutin agar bisa digunakan bukan hanya promosi, tapi pengembangan produk UMKM,” ungkap dia.

Perhelatan pameran di Garut disebut menggambarkan situasi kondusif iklim, kemudahan, dan kepastian investasi semakin baik yang menjadi fondasi utama pertumbuhan dunia usaha serta kemitraan investasi di daerah.

“Program seperti ini bagus, mungkin nanti kalau ada expo di seluruh Garut, seluruh kecamatan untuk produk artisannya. Jadi nanti ada kurasi sebagaimana dilakukan di Eropa, ada lomba sapi, domba, dan lainnya,” kata Menteri Teten.

Baca juga: Teten ingin Garut ciptakan jawara wirausaha baru

Baca juga: Menkop UKM: E-katalog bentuk penyederhanaan digitalisasi pengadaan

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.