News  

Siapa Camat Pakayumbuh yang Dicopot Gegara Tiru Tren Citayam Fashion Week?

Suara.com – Fenomena Citayam Fashion Week yang viral beberapa waktu lalu membuat beberapa daerah lain turut melakukannya. Bahkan beberapa pejabat daerah ikut-ikutan turun untuk meramaikan fenomena tersebut, hingga yang terbaru seorang camat di Pakayumbuh dicopot usai mengikuti trend tersebut. Lantas siapa camat Pakayumbuh yang dicopot? 

Dewi Novita, yang merupakan Camat Payakumbuh Timur, Sumatera Barat dicopot dari jabatannya usai ia mengikuti fenomena Citayam Fashion Week. Hal ini bermula saat Dewi membuat dan mengunggah konten video ala Citayam Fashion Week di akun TikTok miliknya @dewi.centong.

Niat hati ingin mengadaptasi Citayam Fashion Week di daerahnya,  namun siapa sangka aksinya mengikuti tren tersebut justru berujung pencopotan dari jabatan. 

Dewi resmi dicopot dari jabatannya sebagai Camat Payakumbuh Timur terhitung mulai Jumat (5/8/2022) lalu dan dirotasi sebagai Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

Baca Juga:
5 Fakta Camat Payakumbuh Ngaku Dicopot Usai Konten Ala Citayam Fashion Week

Kisahnya ini dibagikan sendiri lewat unggahannya di TikTok, yang belakangan kembali viral usai beberapa warganet membagikannya. Dalam videonya Dewi mengungkapkan, bahwa ia sengaja membuat video itu untuk menginspirasi anak muda agar berkreativitas. 

“Aku seorang Camat di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Pernah ikutan membuat video viral ala-ala Citayam Fashion Week dengan nama Payakumbuh Fashion Week,” ungkapnya sebagai pembuka kisah. 

Awalnya ia membuat video itu tanpa maksud apa-apa, termasuk melanggar norma-norma agama dan juga adat istiadat setempat. 

“Maksud hati hanya sebagai konten biasa aja, tanpa ada maksud melanggar norma-norma agama atau adat istiadat Minang Kabau, kemudian dikomenlah oleh salah satu lembaga MUI Payakumbuh,” lanjutnya. 

Kecaman daru MUI Kota Payakumbuh itulah yang disebutnya menjadi awal mula dari malapetaka kariernya, hingga berujung dengan pencopotannya dari jabatan sebagai seorang Camat Payakumbuh Timur. 

Baca Juga:
Petaka Camat Cantik Dewi Novianta, Dipecat Gara-gara Posting Konten Citayam Fashion week

“Karier yang aku bangun sekian lama hancur hanya gara-gara komen dari MUI yang sangat tidak objektif. Dengan melaporkan aku ke Walikota Payakumbuh dan akhirnya aku di berhentikan jadi Camat di Payakumbuh Timur.” Kritik Dewi. 

Dewi mengatakan jika video tersebut dibuat di Simpang Benteng, tanpa disertai acara apapun. 

“Itu hanya saya sendiri yang bergaya ala-ala Citayam Fashion Week. Tidak ada acara,” kata Dewi. 

Dewi tidak tahu unggahannya itu akhirnya  menjadi masalah yang berujung pencopotan dirinya dari jabatan sebagai Camat Payakumbuh Timur hingga dirotasi menjadi Sekretaris Satpol PP. 

Usai keputusan itu ditetapkan, Dewi mengaku jika dirinya menerima dengan legowo terkait keputusan pencopotan dirinya dari Camat dan dijadikan Sekretaris Satpol PP. 

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengakui jika Camat Payakumbuh Timur Dewi Novita memang dimutasi ke Sekretaris Satpol PP Payakumbuh. 

“Benar. Beliau sudah dimutasi ke Sekretaris Satpol PP Payakumbuh. Ini kan mutasi dan sudah biasa dalam roda pemerintahan,” kata Rida. 

Sosok Dewi Novita Viral Usai Dicopot dari Jabatan Camat 

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai sosok Dewi Novita yang belakangan sedang viral ini. Dewi Novita adalah lulusan STPDN angkatan XI sekaligus merupakan seorang ibu dari dua orang anak.

Dalam perjalanan kariernya yang menjabat sebagai Camat, Dewi pernah terpilih menjadi seorang Camat terbaik Se-Kota Payakumbuh. 

Sebelum jabatannya di copot, sebenarnya Dewi akan mewakili Kota Payakumbuh untuk mengikuti pemilihan kompetensi di tingkat Provinsi Sumatera Barat pada bulan Agustus 2022 ini. 

Dewi centong yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Lamposi Tigo Nagori (2021) dikenal sebagai seorang ASN cemerlang di Pemerintahan Kota Payakumbuh. Perjalanan karier Dewi Centong dimulai sejak tahun 2003, setelah ia lulus dari STPDN (Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Dalam Negeri). 

Kemudian ia diterima menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk mengisi jabatan di kasi pembangunan di Kelurahan Nunang Daya Bangun. 

Selain berkiprah di dalam kecamatan, Dewi Centong juga sempat menjabat berbagai posisi strategis di pemerintahan seperti di Disnakerperin, Disparpora, Disnaker (Kabid), Dinas Arsip (Sekretaris), Kabag Umum Sekretariat DPRD Payakumbuh, sampai akhirnya ia menjadi Camat. 

Demikian tadi ulasan mengenai siapa camat Pakayumbuh yang dicopot?  Sosok Dewi Novita alias Dewi Centong kini viral di media sosial. Kisahnya ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi siapa saja untuk berhati-hati ketika hendak mengunggah konten di medsos. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *