News  

Sejumlah elemen masyarakat bantu korban angin kencang di Sidoarjo

Sidoarjo (ANTARA) –

Sejumlah elemen masyarakat memberikan bantuan untuk korban angin kencang di Desa Sidokepung Sidoarjo Jawa Timur hingga mengakibatkan ratusan rumah mengalami kerusakan.

 

 

 

Salah satu bantuan yang diberikan tersebut berasal dari Polresta Sidoarjo berupa paket bahan pokok dan juga air mineral kepada korban angin kencang tersebut.

 

 

 

“Semoga situasi segera membaik dan penanganan yang kami lakukan bersama-sama berjalan lancar,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, Senin.

 

 

 

Selain dari Polresta Sidoarjo, bantuan juga diberikan oleh DPC PKB Sidoarjo yang menyalurkan sejumlah bantuan untuk korban angin puting beliung di Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Buduran, Sidoarjo.

 

 

 

Sekertaris DPC PKB Sidoarjo, Abdillah Nasih mengatakan bantuan makanan siap saji dan makanan ringan untuk anak-anak ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban warga terdampak.

 

 

 

“Kami dari DPC dan Fraksi PKB Sidoarjo selalu hadir untuk masyarakat. Apa yang diberikan ini semoga bisa bermanfaat dan sedikit meringankan beban,” kata Nasih.

 

 

 

Selain memberikan bantuan kebutuhan pokok, pihaknya melalui DPRD Fraksi PKB mengusulkan beberapa poin dalam penanganan cepat bencana alam.

 

 

 

Ia mengatakan, kesiapan mitigasi bencana serta anggaran yang siap jika digunakan sewaktu-waktu jika terjadi bencana alam.

 

 

 

“Selain mitigasi bencana dan anggaran on call kami juga mendorong Pemkab Sidoarjo untuk memperbaiki SOP penanganan bencana mulai dari dapur umum dan kesiapan material untuk rumah korban yang alami kerusakan,” ujarnya.

 

 

 

Senada juga diungkapkan Ketua DPC PKB Sidoarjo, Subandi yang mengatakan bakti sosial ini sebagai wujud keprihatinan dan bukti nyata bahwa PKB selalu berada di tengah-tengah masyarakat.

 

 

 

“Tentunya kami juga merasakan apa yang dirasakan masyarakat terdampak ya. Semoga bantuan ini bermanfaat dan kami juga terus mendorong seluruh elemen untuk bahu membahu membantu para korban terdampak puting beliung ini,” katanya.

 

 

 

Pascaangin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Sidoarjo pada Minggu (23/10) sore. Forkopimda Sidoarjo langsung turun mengecek penanganan wilayah terdampak.

 

 

 

Di lokasi terdampak angin puting beliung anggota TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, relawan dan pemangku kepentingan terkait melalukan pembersihan puing-puing rumah dan pohon tumbang yang diterjang angin.

 

 

 

Petugas membangun posko tanggap bencana, tempat pengungsian sementara, dapur umum, perbaikan aliran listrik dan sarana prasarana kebutuhan warga.

 

 

 

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan ratusan bangunan yang terdampak angin kencang tersebut terletak di Desa Sidokepung, Desa Entalsewu Kecamatan Buduran, Desa Tanjungsari, Kecamatan Taman, dan Desa Jati, Kecamatan Sidoarjo.

 

 

 

“Kondisi paling parah dampak dari angin puting beliung ada di Dusun Mlaten, Sidokepung, Buduran,” ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.