News  

Profil Erman Umar, Pengacara Bripka RR yang Ungkap Fakta Baru Kejadian di Magelang

Ramai menjadi perbincangan dalam kasus Ferdy Sambo, seorang pengacara yang mengungkap berbagai fakta baru terkait dengan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang melibatkan mantan Kadiv propam Polri Ferdy Sambo, Bripka RR, Bharada E, Kuat Maruf, dan istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi.

Pengacara tersebut adalah pengacara Bripka RR yang menjadi salah satu tersangka dalam kasus tersebut, bernama Erman Umar.

Diketahui, Erman Umar memberikan bocoran kepada awak media mengenai isi Berita Acara Perkara (BAP) kepolisian terkait dengan pengakuan Bripka RR terkait fakta baru peristiwa di Magelang.

Suara.com РFakta baru tersebut terkait dengan kajadian dalam rumah Ferdy Sambo di Magelang, di mana terjadi sebelum pernembakkan pada Brigadir J.

Baca Juga:
Bharada E Harus Bertemu Orang Tuanya Sebelum Sidang untuk Pulihkan Rasa Traumanya

Terbaru, Erman Umar menyebutkan bahwa Ferdy Sambo sebelumnya telah memberikan uang kepada Bripka RR dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Adapun alasan Ferdy Sambo memberikan sejumlah uang kepada Bripka RR diketahui adalah karena jasa Bripka RR telah menjaga istrinya, Putri Candrawathi. Namun uang tersebut kembali diambil dengan dalih menunggu perkembangan kasus kematian Brigadir Yosua terlebih dahulu.

Pak Ferdy Sambo menyampaikan bahwa ini ada uang, tetapi kalimatnya dalam BAP yang saya baca itu, karena kalian sudah menjaga Ibu (Putri),” ujar Erman Umar di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (8/9/2022).

Erman Umar juga menyebutkan bahwa kliennya merupakan korban dari skenario yang telah dirancang oleh atasannya tersebut. 

Erman Umar selaku pengacara terus mendampingi kliennya tersebut selama pemeriksaan yang diawali dengan pemeriksaan psikologi guna melihat kondisi kesehatan serta mempertegas keterangan yang diberikan oleh Bripka RR.

Baca Juga:
Ini Ucapan Orang Berpengaruh dalam Kehidupan Bripka RR hingga Akhirnya Berani Nyerang Balik Ferdy Sambo

Menurut Erman Umar, kliennya lebih tepat diposisikan sebagai saksi dalam kasus tersebut karena Bripka RR tidak mempunyai niat yang jahat untuk melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Lantas, siapakah Erman Umar pengacara Bripka RR dalam kasus pembunuhan Brigadir J? Simak informasi lengkap mengenai profil Erman Umar berikut ini.

Profil Erman Umar

Erman Umar merupakan lulusan Sarjana Hukum, Universitas Trisakti dan Sarjana Muda Hukum Universitas Muhammadiyah Bukit Tinggi.

Tidak hanya itu, Erman Umar juga diketahui sempat mengenyam pendidikan di Sekolah PGAN atau Pendidikan Guru Agama Negeri yang ada di Padang.

Erman Umar lahir pada tanggal 25 November 1955 di Agam, Sumatera Barat. Kantor atau firma hukum yang dimiliki oleh Erman Umar bernama Erman Umar and Partners yang telah didirikan sejak 1985.

Tidak hanya menjadi seorang pengacara untuk Bripka RR, Erman Umar juga merupakan Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Erman Umar memiliki istri bernama Frenty Dugar Dini. Dari pernikahannya dengan perempuan tersebut, Erman Umar dikaruniai tiga orang anak dengan rincian dua orang perempuan dan satu laki-laki.

Pria yang saat ini berumur 67 tahun tersebut merupakan Ketua Kongres Advokat Indonesia atau Presiden DPP KAI, periode 2019-2024.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.