News  

PGN-PT JRP bersinergi kembangkan jaringan gas rumah tangga di Bintaro

PGN berkomitmen memberikan kontribusi terbaik melalui layanan gas bumi untuk sektor rumah tangga maupun komersial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional

Jakarta (ANTARA) – PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN selaku Subholding Gas Pertamina bersinergi dengan PT Jaya Real Property Tbk (JRP) untuk pengembangan jaringan gas rumah tangga dan komersil hotel, restoran, kafe (horeka) di kawasan Perumahan Bintaro Jaya dan Graha Raya, Tangerang Selatan, Banten.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar menjelaskan bahwa potensi perumahan yang ada di kawasan Bintaro dan sekitarnya sejumlah kurang lebih 35.000 sambungan rumah tangga serta 241 potensi komersial meliputi hotel, restoran dan kafe (horeka).

“Kerja sama dengan JRP diharapkan dapat membantu menyukseskan program jaringan gas PGN. Banyak dinamika dan tantangan dalam membangun jaringan gas, dengan JRP menjadi contoh yang baik dalam menjalankan milestone jaringan gas. Kami siap menjalankan pembangunan infrastruktur dan menyiapkan segala keperluan dalam hal menarik minat pelanggan bersama JRP. Dengan adanya jaringan gas nanti, Bintaro sebagai kawasan yang modern dapat semakin modern,” ujar Achmad dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Kesepakatan ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman (MoU) antara PGN dan JRP yang ditandatangani oleh General Manager SOR II PGN Sonny Rahmawan Abdi dan Direktur JRP Adi Wijaya, disaksikan langsung oleh Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar. PGN akan membangun pipa dedicated sepanjang 37 km dari jalur pipa di Jalan Raya Serpong menuju kawasan Bintaro secara bertahap.

PGN juga memastikan bahwa seluruh proses administrasi dan konstruksi berjalan dengan baik, sehingga pelaksanaan gas in pelanggan dapat terealisasi sesuai target yang telah ditetapkan.

“Sebagai Subholding Gas dan bagian dari holding migas Pertamina, PGN berkomitmen memberikan kontribusi terbaik melalui layanan gas bumi untuk sektor rumah tangga maupun komersial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan mengoptimalkan penggunaan energi dalam negeri,” kata Achmad.

Pemenuhan gas bumi PGN untuk rumah tangga dan horeka melalui produk GasKita menggunakan jaringan pipa, sehingga aliran gas akan selalu tersedia 24 jam dalam seminggu, praktis, aman, dan ramah lingkungan. Selain itu, PGN terus melakukan inovasi peningkatan layanan pelanggan dengan penyediaan produk selain gas bumi sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat modern.

Sementara itu, Direktur JRP Adi Wijaya mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program jaringan gas PGN ini, mengingat jaringan gas merupakan proyek Program Strategis Nasional (PSN) yang harus disukseskan.

“Nota Kesepahaman antara Jaya Real Property dan PGN diharapkan dapat dilanjutkan dengan kerjasama yang lebih baik. Kami akan saling berkoordinasi dengan PGN dan segala hal terkait pengembangan jaringan gas akan saling terinformasikan,” kata Adi.

Baca juga: PGN perluas jaringan gas rumah tangga di Banyuasin Sumsel

Baca juga: Pemerintah optimistis 300 ribu jaringan gas tersambung pada 2022

Baca juga: BUMD MUJ-PGN kelola jaringan gas di Bodebek dan Bandung Raya

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.