News  

Jawaban Kompak Demokrat-PKS Soal Rumor Anies Pilih AHY Jadi Capres

Suara.com – Partai Demokrat menegaskan bahwa Anies Baswedan belum menentukan calon presiden pilihan. Penegasan itu menjawab rumor bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disebut menjadi cawapres untuk Anies.

Kepala Badan Komunikasi Strategis dan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyampaikan, pembahasan cawapres untuk Anies belum masuk tahap penentuan nama.

“Saat ini kami masih fokus membahas kriteria capres dan cawapres, serta cara menentukannya. Belum membahas nama secara resmi, meskipun sudah masuk beberapa aspirasi,” kata Herzaky kepada wartawan, Senin (31/10/2022).

Ia berujar penentuan cawapres secara resmi nantinya ditetapkan melalui partai-partai di koalisi.

Baca Juga:
Denny Siregar Colek AHY Usai Anies Dikabarkan Temui Aher, ‘Begitu Syulid, Padahal Agus Baik…’

“Untuk penentuan, menunggu kesepakatan seluruh parpol calon mitra koalisi. Sebelumnya, ada mekanisme internal di tiap parpol yang harus dijalani dalam memutuskannya,” ucap Herzaky.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhamad Kholid menegaskan bahwa Anies Baswedan belum menentukan siapa sosok untuk menjadi calon wakil presiden.

Hal itu ia tegaskan meluruskan informasi beredar yang menyebut Anies sudah mengantongi nama cawapres.

“Berita itu tidak benar bahwa Pak Anies sudah pilih cawapresnya,” kata Kholid kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).

Kholid mengatakan bahwa tim kecil yang terdiri dari NasDem, Demokrat, dan PKS masih sebatas membahas kriteria cawapres, bukan menentukan.

Baca Juga:
Hasil Survei Capres dan Cawapres Pemilu 2024, Pasangan Anies-AHY Jadi Sorotan

“Terakhir di tim kecil, kita baru bahas kriteria cawapres dan mekanisme pemilihan cawapres. Dan setiap partai berhak usulkan nama-nama,” kata Kholid.

AHY Belum Fix

PKS memastikan bahwa penjajakan koalisi dengan NasDem dan Demokrat belum menentukan calon wakil presiden.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menanggapi pertanyaan tentang menguatnya nama Agus Harimurti Yudhoyono untuk menjadi pendamping Anies Baswedan. Terlebih usai Ketua Umum Demokrat itu bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Mardani berujar semua hal terkait penentuan cawapres, masih tahap musyawarah dan belum ada keputusan, baik menetapkan AHY sebagai cawapres atau figur lainnya.

“Hingga saat ini semua komitmen musyawarah dengan pikiran terbuka dan strategi bersama,” kata Mardani kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).

Musyawarah itu terus dilakukan untuk mematangkan pertimbang-pertimbangan yang ada. Sejauh ini ada dua nama muncul yang diusulkan menjadi cawapres. Selain AHY, ada nama kader PKS, yakni Ahmad Heryawan.

“Terus dimatangkan. Tunggu tanggal mainnya,” kata Mardani.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.