News  

Inilah Gordon, Penguin Kecil Tertua yang Keturunannya Tersebar di Australia

Suara.com – Dalam usianya yang telah mencapai 21 tahun, Gordon tercatat sebagai penguin kecil Australia tertua dan masih mempertahankan kehidupan reproduktif yang aktif. Usianya setara dengan 89 tahun usia manusia.

Hidup lebih lama 14 tahun dari rata-rata harapan hidup spesiesnya yang hanya sekitar 7 tahun, penguin “senior” ini juga sibuk menjaga kelestarian populasinya yang terus menurun.

Garis keturunan Gordon terbilang besar. Dia berhasil membesarkan empat anak betina dewasa, yang telah berkembang biak di koloni lain spesies ini di seluruh Australia.

Pengasuhnya di Kebun Binatang Adelaide, Amelia Kennett, menjelaskan hal itu bukan “prestasi” biasa bagi hewan yang biasanya kawin dengan satu pasangan seumur hidup.

Baca Juga:
Wow! Sejarah Burung Penguin, Dulu Bisa Terbang, Ini Penjelasan dari Peneliti

“Dia memiliki banyak pasangan, hal ini tidak biasa untuk penguin kecil,” jelas Amelia.

“Apalagi karena dia memiliki pasangan yang berbeda-beda, artinya dia tidak terlalu terwakili secara genetik. Jadi boleh dikata dia melakukannya dengan baik,” katanya.

Meskipun saat ini menderita radang sendi dan kebutaan sebagian, Gordon terus membuat takjub, menetaskan seekor anak penguin beberapa hari yang lalu.

Inilah Gordon, Penguin Kecil Tertua yang Keturunannya Tersebar di Australia Image: Usia Gordon si penguin kecil yang telah mencapai 21 tahun setara dengan usia 89 untuk manusia. ABC News: Ethan Rix

Penjaganya berharap anak penguin baru ini akan selamat dan bisa mencapai usia dewasa.

“Dia masih tetap kuat,” kata Amelia. “Mengingat usianya semakin tua, saya kira dia cukup spesial dalam spesiesnya.”

Baca Juga:
Sebut Penguin Menggemaskan dan Halal, Cuitan Mantan Menteri Agama Malaysia Ini Bikin Publik Syok

Gordon adalah salah satu dari 14 penguin kecil yang ditangkar di Kebun Binatang Adelaide.

Hanya setengah dari penguin kecil yang bertahan hidup melewati tahun pertama dan hilangnya habitat secara terus-menerus, menjadikan penangkaran seperti ini diperlukan dalam menjaga kelestarian spesies tersebut.

“Dengan memiliki populasi pengembangbiakan di penangkaran, artinya kita memiliki cadangan jika ada hal-hal yang terjadi di alam liar,” ujar Amelia.

Mengasuh anak merupakan tugas yang dibagi oleh induk betina dan penguin pejantan, memberi makan siang dan malam untuk anaknya.

Gordon terbilang telah sangat berpengalaman mengasuh anak dibandingkan penguin lainnya.

A woman with glasses and khaki uniform in the zoo Image: Petugas kebun binatang, Amelia Kennett, menyebut Gordon telah menghasilkan banyak keturunan yang tersebar di seluruh Australia. ABC News: Che Chorley

“Bagi Gordon, jika pasangannya sedikit mengecewakan dalam mengasuh anaknya, dia pasti akan mengambil peran lebih banyak, kadang dia yang memberi makan siang dan malam,” katanya.

“Dia seorang ayah yang sangat baik,” ujar Amelia.

Sejak tiba dari Kebun Binatang Taronga Sydney dua dekade lalu, Gordon telah menjadi sosok yang digemari di Kebun Binatang Adelaide.

“Semua binatang memiliki kepribadian dan atribut unik masing-masing, tapi Gordon jelas merupakan salah satu yang menonjol,” katanya.

Dikatakan, penguin ini memiliki rutinitas yang sangat disiplin, dan sarangnya ditempatkan pada titik tertinggi kandang, menghadap ke arah kolam dan sarang pasangannya.

“Kami pernah memindahkan kotak sarangnya satu kali. Dia sangat berhasil memastikan bahwa kami tidak akan pernah memindahkannya lagi,” ujar Amelia.

Dijelaskan, pemberian nama Gordon ini diambil dari merek minuman gin.

“Kami memang memiliki sejumlah penguin yang dinamai berdasarkan merek minuman alkohol, namun sejak itu telah diubah,” katanya.

Setiap tahun, sejak beberapa tahun lalu, Gordon rutin “mengunjungi” dokter mata. Kadang ia juga minum obat penghilang rasa sakit. Tapi secara keseluruhan kondisinya terbilang bugar dan sehat.

“Kondisinya lebih dari nyaman saat ini namun kami terus mengawasinya,” kata Amelia.

Diproduksi oleh Farid Ibrahim dari artikel ABC News.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *