News  

Heboh JIS Dibilang Kurang Layak oleh PSSI, Ini 7 Poin Standar Stadion Menurut FIFA

Jakarta International Stadium (JIS) dikelola oleh PT Jakarta Propertindo. Pihaknya mengatakan JIS telah memenuhi standar stadion menurut Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Namun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyebut JIS belum layak menggelar pertandingan Indonesia vs Curacao yang diadakan pada 27 September 2022. Pasalnya pertandingan ini berstatus FIFA Matchday.

Untuk mengetahui lebih lanjut, terdapat daftar standar stadion menurut FIFA. Pertama kali yang harus diperhatikan adalah proses secara keseluruhan, desain, konstruksi, aspek operasional, dan lain sebagainya. Berikut ini daftar standar stadion menurut FIFA:

1. Standar Lokasi dan Perencanaan

Baca Juga:
9 Poin yang Bikin PSSI Bilang Stadion JIS Dinilai Tidak Layak: dari Parkir hingga Biaya Sewa

Sebuah standar stadion menurut FIFA harus terletak di kawasan yang luas dan memungkinkan keselamatan, keamanan dan efisiensi operasional yang optimal. Tata letak juga harus diperhatikan seperti cek tiket final dan lain sebagainya.

2. Tempat Duduk Penonton dan Area

Tempat duduk penonton juga harus dievaluasi secara berkala termasuk desainnya. Alasannya yakni karena tipe tempat duduk akan berpengaruh secara signifikan terhadap kenyamanan dan keamanan.

Tempat duduk penonton harus tahan api dan awet. Berkaitan dengan warna, perubahan iklim dapat mempengaruhi kenyamanan, oleh karena itu penting untuk memilih warna yang menyerap panas atau tidak menyerap panas.

3. Area Sekitar

Baca Juga:
Lakoni Laga di ‘Kampung Halaman’, FC Bekasi City Didukung Suporter via Medsos

Area sekitar lapangan juga harus diperhatikan seperti area pemanasan, papan iklan, halfway line, centre circle, touch line, pencahayaan, interaksi penonton dengan pemain, dan jalur keselamatan keadaan darurat, staf medis yang dapat langsung mendatangi pemain yang cedera serta keperluan lainnya harus diperhatikan.

4. Kenyamanan dan Keamanan

Stadion harus dilengkapi dengan keamanan dan kenyamanan seperti keselamatan dari bencana dan lain sebagainya. Oleh karena itu, stadion harus menyediakan alat pemadam kebakaran, alat pendeteksi bahaya, jalur evakuasi, jalur keluar, CCTV, ruang medis publik dan pemain, dan lain sebagainya.

5. Tanda Ruangan dan Arah

Standar stadion menurut FIFA juga harus dilengkapi dengan penanda ruangan dan arah. Ini akan memberikan pengalaman baik bagi setiap orang. Tanda-tanda tersebut seperti tempat duduk, jalur masuk, jalur keluar, larangan, informasi, dan lain sebagainya.

6. Sistem Teknis dan Pelayanan

Sistem teknis dan layanan juga harus diperhatikan sebagai standar stadion menurut FIFA. Standar ini mencakup daya listrik yang berdampak pada lingkungan, fasilitas kebersihan, air dan pembuangan, lift dan eskalator, dapur, dan lain sebagainya.

7. Informasi dan Teknologi

Standar stadion menurut FIFA yakni adanya informasi yang memadai akan membuat penonton nyaman. Oleh karena itu, stadion harus menyediakan internet, informasi, ruangan IT, video screens, dan lain sebagainya.

Demikian daftar standar stadion FIFA berdasarkan Fifa Stadium Guidelines. Stadion juga harus memiliki zona publik, jalur luar untuk berkeliling dan jalur dalam untuk berkeliling. Jalur luar ini untuk mengakses tiket. Jalur dalam ini untuk final checking tiket, validasi tiket, dan lain-lain.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.