News  

Forum Kemanusiaan Makassar kampanyekan gerakan donasi kemanusiaan

kami berkumpul dalam forum ini untuk berkolaborasi

Makassar (ANTARA) – Sejumlah lembaga kemanusiaan tergabung dalam Forum Kemanusiaan Makassar, Sulawesi Selatan, mengkampanyekan gerakan donasi kemanusiaan sebagai langkah kepedulian antarsesama.

“Khususnya dalam menangani kasus kemanusiaan seperti, bencana alam, lansia terlantar, pasien tidak mampu, anak putus sekolah, kekerasan perempuan dan anak, rumah tidak layak huni, dan lainnya,” papar Ketua Forum Kemanusiaan Makassar, dokter Udin Shaputra Malik, di Makassar, Selasa.

Menurut dia, forum ini hadir untuk menampung aspirasi termasuk intens melaksanakan diskusi sesuai bidang kemanusiaan masing-masing lembaga dengan melibatkan pemerintah kota serta stakeholder terkait dalam penanganan kemanusiaan.

“Kolaborasi ini mesti dilakukan bersama pemerintah dan stakeholder dalam penanganan kasus bencana sehingga dapat mewujudkan Kota Makassar yang tangguh, resilien, dan inklusif,” tutur menantu Wali Kota Makasar Moh Ramdhan Pomanto ini menekankan.

Baca juga: Forum Solidaritas Kemanusiaan buka donasi untuk pandemi COVID-19

Baca juga: Garuda manfaatkan aplikasi digital galang donasi untuk kemanusiaan

Selain itu, melalui pelatihan kampanye donasi dan teknik komunikasi advokasi untuk relawan belum lama ini, diharapkan komunikasi dan koordinasi dalam penanganan bencana dapat dimaksimalkan bagi korban terdampak.

Forum Kemanusiaan Makassar ini terbentuk dengan merangkul lembaga kemanusiaan diantaranya Rumah Zakat, Baznaz, Dompet Dhuafa, Masyarakat Cinta Mesjid, serta beberapa organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

“Kami berkumpul dalam forum ini untuk berkolaborasi, karena kami yakin kasus kemanusiaan harus dikerjakan bersama antara relawan kemanusiaan, pemerintah, dan orang-orang baik atau donatur secara cepat, tepat, dan profesional,” papar dokter lulusan terbaik Fakultas Kedokteran Unhas ini menambahkan.

Pelatihan tersebut dihadiri pemateri Fahril dan Fajar Ariyanto dari platform crowdfunding terbesar di Indonesia, kitabisa.com.

Baca juga: Donasi kemanusiaan Sulsel senilai Rp1miliar tiba di Kupang

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *