News  

Enggak Nyangka, PDIP Punya Kans Berjaya Jika Paksa Puan Lawan Anies di Pilpres 2024

Suara.com – PDI Perjuangan ramai diprediksi akan mengusung Puan Maharani sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Meski kemungkinan bakal berhadapan dengan Anies Baswedan, nyatanya Puan dinilai bisa membuat PDIP berjaya jika maju sebagai capres 2024.

Melansir Wartaekonomi.co.id — jaringan Suara.com, hal tersebut diungkapkan oleh pengamat politik Jerry Massie. Menurutnya, Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu telah lama memoles citra Puan sebagai capres.

Karena itu, Jerry menilai PDIP memiliki kesempatan untuk berjaya dan memenangkan Pilpres 2024.

PDIP cukup punya kans berjaya di Pilpres 2024,” kata Jerry, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga:
Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies, Karier Heru Budi Hartono Moncer di Pemerintahan

Sebagai informasi, Partai NasDem sebelumnya telah bergerak cepat dalam mendeklarasikan capres 2024 pilihan mereka. Partai yang diketuai Surya Paloh itu mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pemilu 2024.

Tak hanya mendeklarasikan Anies, NasDem juga berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS. Langkah besar NasDem lainnya bersama Anies adalah menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pertemuan itu memunculkan spekulasi jika Anies kemungkinan akan berpasangan dengan AHY di Pilpres 2024. Pasangan Anies-AHY dinilai bisa dikalahkan PDIP jika berkoalisi dengan Partai Gerindra.

Menurut Jerry, jika PDIP mengusung Puan Maharani sebagai capres dan Prabowo sebagai cawapres, maka peluang memenangkan Pemilu 2024 cukup besar. Apalagi jika PDIP bisa bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Kans kuat Puan-Prabowo atau sebaliknya cukup kuat. Selain itu, PDIP juga bisa bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB),” jelas Jerry.

Baca Juga:
Cak Imin Akui Anies Jadi Alasan Kenapa PKB Sulit Koalisi dengan NasDem

Selain Prabowo, duet Puan dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto juga dinilai cukup kuat untuk bertanding di pesta demokrasi terbesar.

Namun, Jerry juga mengingatkan PDIP memiliki kemungkinan gagal berjaya di Pilpres 2024 jika memaksa Puan bersanding dengan Ketua Umum PKB Cak Imin.

Dalam politik teori kemungkinan serta probalitas berlaku. Akan tetapi, untuk Puan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin agak sulit terwujud,” kata Jerry.

Terlepas dari itu semua, Jerry menyakini 99 persen jika PDIP akan tetap mengusung Puan Maharani. Ini karena mandat memilih capres 2024 ada di tangan Megawati, ibu Puan Maharani.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.