News  

Elektablitas Prabowo Subianto Teratas, Bisa Diterima Pendukung Ganjar dan Anies

Suara.com – Ketua Umum sekaligus bakal calon presiden Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menempati posisi teratas dalam survei elektabilitas jelang Pilpres 2024, yang digelar Lingkar Suara Publik.

Dalam survei LSP, elektabilitas Menteri Pertahanan RI itu mencapai 31,8 persen. Sementara posisi di belakangnya ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Elektabilitasi Ganjar Pranowo dalam hasil survei LSP mencapai 20,4 persen. Sedangkan pada ranking tiga terdapat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas mencapai 11,7 persen.  

Di bawah Anies ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan angka elektabilitas 10,5 persen.

Baca Juga:
Hujan Deras, Anies Hadiri Peresmian Halte TransJakarta Bundaran HI yang Belum Rampung Direvitalisasi

Kemudian disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan elektabilitas 7,2 persen, serta Puan Maharani dengan 2,9 persen. 

Sandiaga Uno, rekan separtai Prabowo, menempati ranking 7 dengan elektabilitas 2,1 persen. Lalu ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan angka yang sama. Sementara figur lainnya hanya mendapatkan 1 persen atau di bawahnya. 

Direktur Riset dan Kajian LSP Indra Nuryadin memaparkan, survei ini hendak mengukur apa yang paling diketahui publik tentang sejumlah tokoh bila disebutkan namanya. 

Menurutnya, salah satu temuan yang menarik adalah, Prabowo dapat diterima baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies. 

“Prabowo dapat diterima baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies. Kesan Prabowo sebagai tokoh pemersatu dapat diterima,” kata Indra dalam paparannya, Sabtu (15/10/2022). 

Baca Juga:
Prabowo Sudah Lelah dari Politik, tapi Panggilan Jiwa Kesatria Mengatakan ‘Sedia!’

Ia memerinci sejumlah kesan yang ditangka publik mengenai Prabowo, yaitu; Menteri Pertahanan yang loyal kepada Presiden Jokowi; ketum Gerindra terbaik/bagus; Capres pemersatu yang menghilangkan pembelahan sosial; dan Patriot lebih mementingkan kepentingan bangsa. 


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.