News  

Dari Lima Nama, Sosok Aher Jadi Pilihan PKS Sebagai Calon Pendamping Anies, Ini Alasannya

Suara.com – Partai Keadilan Sosial (PKS) telah mengusulkan nama mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menjadi pendamping Anies Baswaden dalam kontesasi pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Menurut Juru Bicara DPP PKS, Muhammad Kholid, sebelum terpilihnya Aher, terdapat lima nama hasil aspirasi anggota Majelis Syuro yang diusulkan untuk ditawarkan kepada Calon Mitra Koalisi.

Adapun lima nama tersebut adalah Ahmad Heryawan, Hidayat Nur Wahid, Irwan Prayitno, Ahmad Syaikhu dan M. Sohibul Iman.

“Namun dalam perkembangannya di tim komunikasi koalisi, diskusi di pimpinan PKS mengerucut menjadi 1 nama yang akan dikomunikasikan di tim kecil bersama Nasdem dan Demokrat. Dan nama itu adalah Ahmad Heryawan,” ujarnya di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Baca Juga:
Barack Obama Dukung Anies Baswedan Maju Capres 2024, Begini Faktanya

Kemudian, Kholid menuturkan, dalam koalisi perubahan bersama Nasdem dan Demokrat, setiap partai dalam posisi setara atau equal partnership. Dengan begitu, setiap partai berhak mengajukan usulannya untuk dibahas bersama secara rasional dan obyektif di tim kecil.

“PKS komitmen untuk duduk bersama mencari kesepakatan yg terbaik buat bangsa, mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan partai,” kata dia.

Selain itu, ungkap Kholid, Aher memiliki tiga kapasitas yang dibutuhkan dalam kontesasi pilpres. Pertama, punya kapasitas untuk menang, karena Aher berhasil menang dua kali dalam Pilgub Jawa Barat.

“Aher menang dua kali di Pilgub Jawa Barat. Ini luar biasa karena Jawa Barat adalah provinsi terbesar di Indonesia, menyumbang jumlah pemilih terbesar di Pilpres,” ucap dia.

Kedua, Aher memiliki kapasitas mengelola pemerintahan, hal dilihat tidak lepas dari kesuksesan memimpin Provinsi Jawa Barat selama 10 tahun.

Baca Juga:
Tak Mau Mengulang Sejarah Pilpres 2014, NasDem Tak Lagi Dukung Capres dari PDIP: Figur Anies Paling Kompatibel

“Aher, punya kapasitas mempersatukan. Aher terbukti mampu memmpin rakyat Jawa Barat untuk hidup rukun, toleran dan harmoni. Dia mampu membuktikan sebagai pemimpin yang inklusif, yg mengayomi semua kelompok, lintas agama, lintas suku, lintas adat, dan lintas latar belakang,” imbuh dia.

“Dengan tiga kriteria tersebut, kami memandang bahwa Ahmad Heryawan layak untuk menjadi salah satu Bacawapres Anies Rasyid Baswedan,” tambah Kholid.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.