News  

Cak Imin: Sebagai masa depan bangsa santri perlu dukungan Pemerintah

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan santri sebagai masa depan bangsa, sehingga perlu mendapat dukungan dan fasilitas dari Pemerintah.

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan safari dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2022 di Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (Malnu) Menes, Pandeglang, Banten, Sabtu (15/10).

“Mereka ini adalah masa depan kita. Mereka harus terus mendapatkan dukungan dan dorongan dan fasilitas dari Pemerintah dari negara dari APBN,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia menyebut HSN yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan momentum tepat untuk menumbuh-kembangkan semangat santri dalam mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara di berbagai bidang.

“HSN 22 Oktober adalah semangat dari pesantren dan santri yang hari ini jumlahnya tidak kurang dari 5 juta santri di 28 ribu pesantren,” tuturnya.

Baca juga: Digitalisasi pegon hingga mayoran jadi rangkaian acara Hari Santri

Baca juga: Menag Yaqut ingin hari santri dirayakan oleh semua orang

Terkait peringatan HSN 2022, Cak Imin berpesan bahwa Indonesia mempunyai potensi bonus demografi yang sangat besar, terutama kaum muda yang memiliki potensi besar di berbagai bidang.

“Dan santri juga pesantren selain berperan di pendidikan, juga menjadi kekuatan ekonomi sektor informal, ekonomi menengah di setiap pesantren,” kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Oleh karenanya, ujarnya lagi, HSN harus dijadikan momentum agar para santri tidak hanya menguasai satu disiplin ilmu seperti agama saja, namun juga ilmu-ilmu lain seperti teknik, kedokteran dan lainnya.

“Kedua, kita semua harus menitipkan masa depan bangsa ini kepada keluarga besar pesantren yang di dalamnya ada pengikutnya, ada masyarakat di sekitarnya,” jelas cicit salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Bisri Syamsuri itu.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Malnu Pusat Menes KH. Tubagus Hamdi Ma’ani mengatakan bahwa Indonesia tidak mungkin bisa berdiri tegak hingga saat ini tanpa peran dari santri dan ulama.

Baca juga: Menag terbitkan edaran peringatan Hari Santri 2022

“Maka wahai para santri, jangan berkecil hati anda semua, sekarang santri besok anda bisa jadi Anggota DPR, tapi anggota DPR yang peduli pesantren,” ucapnya.

Setelah dari Malnu, Cak Imin yang hadir didampingi elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta anggota DPR RI Fraksi PKB akan melanjutkan safari ke sejumlah daerah lainnya seperti Tangerang, Bogor, Kebumen, dan Surabaya. Safari Cak Imin itu sendiri sejati nya akan diselenggarakan hingga puncak peringatan HSN 2022 pada 22 Oktober.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.