News  

BMKG prakirakan cuaca di sebagian kota besar berpotensi hujan

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di sejumlah kawasan kota besar di Indonesia diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Rabu.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, di Jakarta, cuaca untuk wilayah Sumatera diprakirakan berawan, di antaranya terjadi di wilayah Bengkulu, sedangkan Jambi dan Palembang diperkirakan berkabut.

Sementara hujan dengan intensitas ringan berada di wilayah Bandarlampung dan Pangkalpinang, serta hujan dengan intensitas lebat diprediksi terjadi di Pekanbaru.

Banda Aceh diprakirakan berawan. Hujan dengan intensitas ringan terpantau di wilayah Medan dan Tanjungpinang, serta hujan dengan intensitas lebat diprakirakan terjadi di wilayah Padang.

Kondisi cuaca secara umum di Pulau Jawa diperkirakan cerah, di antaranya wilayah Surabaya, Jakarta, dan Yogyakarta. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan mengguyur wilayah Serang, Bandung, dan Semarang.

Wilayah Kalimantan secara umum berawan, di antaranya Banjarmasin dan Samarinda. Sebagian wilayah lainnya diperkirakan turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Masyarakat di wilayah Pontianak dan Palangkaraya perlu mewaspadai hujan lebat yang diperkirakan melanda wilayah Tanjung Selor.

Prakiraan cuaca di Pulau Bali secara umum berawan, kecuali Denpasar dan Mataram diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Situasi cuaca di Pulau Sulawesi hampir seluruhnya diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan, di antaranya terjadi untuk wilayah Makassar dan Mamuju.

Hujan dengan intensitas lebat hingga petir diprakirakan melanda wilayah Gorontalo, dan Palu.

wilayah timur Indonesia secara umum berawan, terjadi untuk wilayah Manokwari dan Jayapura. Hujan dengan intensitas sedang terpantau untuk wilayah Ternate dan Ambon.

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem di Jateng pada Oktober-November

Baca juga: BMKG harapkan pengembangan kompetensi dalam pertemuan SATREPS-BICC

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.