News  

BMKG: Hujan diprakirakan guyur sebagian kota besar Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian kota besar di Indonesia melalui infoBMKG diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan bahwa hal tersebut dipengaruhi Siklon Tropis Mulan yang terpantau di Teluk Beiubu dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 not dan tekanan udara minimum 990 hPa.

Baca juga: BMKG: Siklon tropis Songda sebabkan tinggi gelombang laut Indonesia

Baca juga: Dua bibit siklon tropis berdampak potensi hujan lebat-gelombang tinggi

Sistem bergerak ke arah barat barat laut dan diperkirakan intensitasnya akan menurun dalam 24 jam ke depan, dan menginduksi peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low-level jet di Laut Cina Selatan.

Sementara daerah perlambatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat Bengkulu, Lampung, dari Kalimantan timur hingga Kalimantan Utara dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low-level jet atau konvergensi tersebut.

Sehingga pada umumnya cuaca di Sumatera diprakirakan hujan dengan intensitas ringan dengan sedang.

Waspadai hujan disertai petir yang berada di wilayah Jambi dan Lampung. Sementara cuaca di wilayah Aceh diprakirakan cerah, dan untuk wilayah Padang diperkirakan berawan.

Cuaca di Pulau Jawa diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Serang dan Yogyakarta. Sementara pada wilayah Jakarta dan Bandung, cuaca di perkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah Semarang, cuaca diprakirakan berawan dan di wilayah Surabaya cuaca pekan ini diprakirakan cerah berawan.

Wilayah Kalimantan, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Palangkaraya, dan bagi yang berada di wilayah Pontianak, Tanjung Selor dan Banjarmasin waspadai potensi hujan disertai dengan petir.

Bagi yang berada di wilayah Samarinda cuaca diprakirakan akan berkabut.

Selanjutnya pada wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuaca diprakirakan berawan pada wilayah Denpasar dan Kupang. Sementara bagi yang berada di wilayah Mataram, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Pada wilayah Sulawesi, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan bagi yang berada di wilayah Kendari, Palu dan Mamuju. Sementara pada wilayah Makassar dan Gorontalo, cuaca diprakirakan berawan, dan di wilayah Manado cuaca diprakirakan cerah berawan.

Di wilayah Indonesia bagian timur, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Ambon dan Ternate. Di wilayah Manokwari, cuaca diprakirakan berawan dan wilayah Jayapura cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Baca juga: BMKG ingatkan waspada potensi hujan lebat di sejumlah provinsi

Baca juga: Bibit siklon tropis 97W pengaruhi tinggi gelombang di Laut Natuna

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *