Jokowi: RI-Vietnam Sepakati Target Perdagangan 15 Miliar Dollar untuk 2028

portalutama.com – Presiden Joko Widodo dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc beserta delegasi melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (22/12/2022).

Dalam pertemuan itu, kedua negara menyepakati sejumlah hal Salah satunya peningkatan target perdagangan bilateral untuk 2028.

“Yang pertama upaya peningkatan perdagangan kedua negara, target perdagangan 10 miliar dollar AS pada 2023 telah tercapai di 2021 dengan angka 11,06 dollar AS. Dan dalam 5 tahun terakhir terdapat peningkatan perdagangan sebesar 9,77 persen,” ujar Jokowi saat menyampaikan keterangan pers usai pertemuan.

“Untuk itu kita sepakat menetapkan target baru perdagangan bilateral sebesar 15 miliar dolar AS pada 2028,” tuturnya.

Selain itu, Indonesia meminta perhatian terhadap masih terhambatnya produk pertanian dan buah-buahan Indonesia untuk masuk ke pasar Vietnam.

Presiden Jokowi juga menyinggung soal perlunya perlindungan investasi Indonesia di Vietnam.

Kepala Negara mengapresiasi kepercayaan pemerintah Vietnam kepada perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Vietnam.

Hingga saat ini akumulasi investasi Indonesia di Vietnam mencapai lebih 600 juta dollar AS dalam 101 proyek.

“Saya mengharapkan penyelesaian beberapa isu yang dialami investor Indonesia yang akan mendorong investasi baru di masa mendatang,” ungkap Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyinggung kerja sama kedua negara di bidang energi bersih, baru dan terbarukan.

Menurut Jokowi kerja sama ini dapat mendorong pengembangan pembangkit listrik tenaga matahari, tenaga hidrogen dan smart grid.

“Saya juga menyambut baik rencana kolaborasi Vietnam dengan perusahaan BUMN dan perusahaan-perusahaan di Indonesia seperti PT BTM dan PT Wima untuk pemasaran motor listrik gesit di Vietnam. Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk investasi pada pembuatan baterai IV dan PT Inka untuk pembelian komponen bus listrik,” tambah Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerima kedatangan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis pagi.

Kunjungan ini merupakan yang pertama kali dilakukan Presiden Nguyen ke Indonesia setelah resmi menjabat sebagai Presiden Vietnam pada 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!