Jokowi Kasih Kabar Baik, Begini Respons Pengusaha

portalutama.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal akan menghentikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada tahun depan. Sontak kabar ini membuat pelaku usaha di dalam negeri sumringah karena bakal membangkitkan ekonomi kembali.

“Kalau diumumkan tidak ada PPKM lagi, berarti konfirmasi dari pemerintah terhadap situasi normal dan ini akan direspons dengan kegiatan ekonomi yang lebih tinggi lagi,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani dikutip Kamis (22/12/2022).

“Kalau nanti diumumkan menjadi endemi, tentu akan sangat baik karena ekonomi kita. Kemarin sempat turun sampai minus 5 persen lebih karena kegiatan masyarakat dihentikan karena PPKM,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Bidang Industri Manufaktur Apindo Johnny Darmawan menyebut dengan PPKM dihentikan atau tak berlaku lagi, bakal membuat perekonomian membaik, namun di satu sisi akan menaikkan pengeluaran untuk subsidi.

“Kalau epidemi kan artinya perekonomian akan biasa. Tapi gini, dengan dilepaskannya PPKM itu, maka pemerintah tidak mudah untuk membantu subsidi. Kan kalau PPKM karena situasi pandemi, masuknya gampang,” sebutnya.

Sementara itu, pemerintah sendiri saat ini masih memberlakukan PPKM hingga 9 Januari 2023. Langkah ini sebagai antisipasi untuk menahan laju kenaikan Covid-19 terutama menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Aturan PPKM terbaru tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 Tahun 2022 untuk Perpanjangan PPKM Wilayah Jawa dan Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2022 untuk Perpanjangan PPKM Wilayah Luar Jawa Bali.

“Kemarin kasus harian kita di 1200, dan mungkin nanti akhir tahun kita akan menyatakan berhenti PSBB dan PPKM kita,” kata Jokowi dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia Tahun 2023, di Ball Room Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

error: Content is protected !!