Hoaks! Mata Najwa siarkan penghargaan solusi diabetes Terawan

portalutama.comJakarta (ANTARA/JACX) -Diabetes, penyakit berupa kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh, menjadi salah satu penyakit tidak menular paling banyak diderita orang Indonesia.

Hingga saat ini, diabetes belum bisa disembuhkan. Penderita diabetes hanya bisa mengurangi dampak penyakit itu dengan menjalani pola hidup sehat, terapi, hingga pengobatan.

Berbagai promosi produk kesehatan muncul di Internet sebagai solusi bagi penderita diabetes, termasuk dengan beragam klaim keampuhan pengobatannya.

Muncul pula unggahan di yang menampilkan video acara Mata Najwa dengan narasi dokter Indonesia menerima penghargaan penyelamatan jiwa, yaitu solusi untuk masalah diabetes di Indonesia.

Dalam video tersebut, terdapat foto yang diketahui merupakan mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto dengan medali dan sertifikat.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“DOKTER INDONESIA TERIMA PENGHARGAAN PENYELAMATAN JIWA

SOLUSI UNTUK MASALAH DIABETES DI INDONESIA TELAH DITEMUKAN”

Namun, benarkah acara Mata Najwa pernah menyiarkan penghargaan solusi diabetes yang ditujukan kepada dokter Terawan?

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA,video serupa ditemukan di YouTube Najwa Shihab dengan judul ‘ ’yang diunggah pada 17 Desember 2020.

Program acara televisi itu tidak membahas tentang solusi permasalahan diabetes di Indonesia, apalagi terkait dokter Terawan Agus Putranto.

Sementara, foto Terawan Agus Putranto yang tampak memegang piagam penghargaan merupakan penghargaan yang diberikan Lembaga Prestasi Indonesia Duniapada Rabu, 17 Juli 2019.

Penghargaan itu merupakan atas prestasi penemuan metode cuci otak (brainwash) dengan modifikasi program Digital Subtraction Angiography (SDA) untuk penyakit stroke sejak 2005.

Klaim:Mata Najwa siarkan penghargaan solusi diabetes Terawan

Rating:Hoaks

Cek fakta:

Cek fakta:

Baca juga:

error: Content is protected !!