Hoaks! Ma’ruf Amin beri Rp1 miliar jika Banser menang lawan KKB

portalutama.comJakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di menampilkan tangkapan layar yang tampak seperti media daring mencatut nama Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin, dan dikaitkan dengan Banser serta kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dalam tampilan tangkapan layar itu, Wapres disebut akan memberikan hadiah Rp1 miliar kepada Barisan Ansor Serbaguna (Banser) jika mereka menang melawan KKB.

Sementara, di atas tangkapan layar konten serupa media daring itu terlihat pula pernyataan bahwa badan otonom Nahdlatul Ulama itu akan mendadak kaya jika mereka berhasil menumpas KKB, bahkan tidak perlu menjaga gereja.

Sang pemilik akun menambahkan narasi sebagai berikut:

“Harapan saya sbg rakyat sih Aparat /Pemerintah tegas menghadapi KKB. Jadi ga perlu di sayembarakan seperti ini..”

Unggahan yang muncul pada Sabtu (24/12) itu telah dilihat lebih dari empat ribu kali, disukai lebih dari 130 pengguna lain Twitter, dan mendapatkan komentar sebanyak 77 kali.

Namun, benarkah Wapres Ma’ruf Amin akan memberi hadiah Rp1 miliar jika Banser menang lawan KKB?

Penjelasan:

ANTARA tidak menemukan pernyataan atau keterangan resmi bahwa Wapres Ma’ruf Amin akan memberikan hadiah kepada Banser senilai Rp1 miliar jika mereka menang melawan KKB.

Unggahan tangkapan layar itu mencatut media CNN Indonesia yang dipublikasikan pada 21 Desember 2022. Faktanya, tidak ada laporan CNN Indonesia tentang pernyataan Wapres Ma’ruf terkait Banser dan KKB.

Berita yang dipublikasikan CNN Indonesia pada Rabu (21/12) dan memuat foto Wapres Ma’ruf Amin berjudul ‘ ’.

Dalam laporan CNN Indonesia, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu lebih mengoptimalkan pendidikan dan pencegahan sebelum melakukan penindakan.

Pernyataan itu merujuk pada ucapan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tentang penindakan oleh KPK berupa operasi tangkap tangan (OTT) membuat citra negara menjadi buruk.

Dengan demikian, unggahan di Twitter yang menyatakan Wapres Ma’ruf Amin akan memberi hadiah Rp1 miliar jika Banser menang melawan KKB merupakan unggahan hoaks.

Klaim:Ma’ruf Amin beri Rp1 miliar jika Banser menang lawan KKB

Rating:Hoaks

Cek fakta:

Cek fakta:

Baca juga:

error: Content is protected !!