Heboh Muncul Penyakit ‘Amoeba Pemakan Otak’, 1 Meninggal

portalutama.com – Korea Selatan (Korsel) pada Senin,(26/12/2022), melaporkan telah menemukan infeksi dari amoeba ‘pemakan otak’, naegleria fowleri di negeri itu. Ini merupakan infeksi pertama amoeba mematikan tersebut di Negeri Ginseng.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengkonfirmasi bahwa seorang warga negara Korsel yang meninggal setelah kembali dari Thailand. Amoeba ini dikenal dapat merusak otak manusia.

“Pria berusia 50-an itu kembali ke Korea pada 10 Desember setelah tinggal selama empat bulan di negara Asia Tenggara itu dan dirawat di rumah sakit keesokan harinya,” lapor KDCA dikutip Yonhap.

“Ia meninggal pada Selasa pekan lalu,” tulis media itu lalu.

Naegleria fowleri adalah amoeba yang biasa ditemukan di danau air tawar hangat, sungai, kanal, dan kolam di seluruh dunia. Amoeba itu masuk melalui hidung dan berjalan ke otak untuk menghancurkan jaringan otak.

KDCA mengatakan kemungkinan penularan Naegleria fowleri dari manusia ke manusia rendah. Tetapi meminta penduduk setempat untuk menahan diri berenang di daerah tempat penyakit itu menyebar.

Sebenarnya, sejak 2018, ada 381 kasus naegleria fowleri telah dilaporkan pada di dunia. Termasuk di AS, India, dan Thailand.

error: Content is protected !!