Antisipasi Cuaca Ekstrem di Jakarta dan Jawa Barat, 2 Pesawat TNI AU Dikerahkan untuk Laksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca

portalutama.com – TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan dua pesawat jenis Cassa NC-212 Seri 200 untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) pada Selasa (28/12/2022).

Modifikasi cuaca itu dilakukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat menjelang akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023.

“(Dua pesawat itu) berasal dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Kedua pesawat disiagakan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta selama melaksanakan TMC,” demikian keterangan tertulis dari Dinas Penerangan TNI AU , Rabu.

Kedua pesawat dengan nomor registrasi A-2108 dan A-2104 itu dipiloti oleh Kapten Pnb Idhan Abidin dan Mayor Pnb Syamsu Alam.

Adapun TMC dilaksanakan pada 25 Desember 2022 sampai 3 Januari 2023.

Setiap pesawat mampu membawa 800 kilogram bahan semaian garam atau NaCl dalam sekali terbang, dengan teknik penyebaran secara manual pada koordinat yang telah ditentukan.

Garam akan disemai di langit-langit Jakarta dan Jawa Barat.

Sampai Selasa (27/12/2022) kemarin, telah dilaksanakan tujuh sorties penerbangan dengan 5.600 kilogram garam yang telah disemai.

Pelaksanaan TMC di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!