Alutsista Tua, Laksamana Yudo Margono Ragu MEF TNI AL Tercapai 100 Persen pada 2024

portalutama.com – Panglima TNI yang merangkap jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono tidak yakin pemenuhan minimum essential force (MEF) atau kekuatan pokok minimal AL bisa mencapai 100 persen pada 2024.

Sebab, kata Yudo, banyak alat utama sistem senjata ( alutsista ) yang tua dan perlu diperbarui.

“Kalau (MEF) 100 persen saya kira agak sulit memang, ada unsur-unsur kita yang sudah tua, yang juga harus memasuki proses push,” ujar Yudo di hadapan perwira tinggi dan prajurit TNI AL di Kolat Koarmada I, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (26/12/2022).

Yudo menargetkan pemenuhan MEF TNI AL bisa mencapai 85 persen pada 2024.

Ia pun meminta agar alutsista maupun peralatan tua segera diperbaiki.

“Tentunya nanti dari sisi pemenuhan personel maupun alutsista, (MEF) bisa mencapai 80-85 persen, harapannya di 2024,” ujar Yudo.

Saat ini, menurut Yudo, pemenuhan MEF TNI AL baru mencapai 60 persen.

“Masih ada waktu dua tahun dan juga kita sudah membangun alutsista yang ada, dan juga menambah personel di satuan pendidikan 1,2, dan 3. Nanti kemungkinan akan beroperasi satdik 4,” kata dia lagi.

Adapun MEF merupakan standar kekuatan pokok dan minimal TNI yang mutlak disiapkan sebagai prasyarat utama terlaksananya efektivitas tugas pokok dan fungsi TNI dalam menghadapi ancaman aktual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!