7 Tata Cara Salat Tasbih Beserta Doa dan Keutamaannya

VIVA Edukasi – Salat tasbih merupakan salah satu dari banyaknya hadiah indah yang diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Tidak hanya menghapus dosa secara keseluruhan, sholat tasbih juga dapat membantu umat Muslim menjalani hubungan yang dekat dengan Allah SWT.

Melansir dari Baca-Berita.com, Nabi kita tercinta Muhammad SAW suatu hari pernah berkata kepada pamannya, Abbas (RA):

“Oh Paman, saya tidak akan memberi Anda, saya tidak akan memberi Anda, saya tidak akan memberi Anda, saya tidak akan mengasihani Anda; Ketika Anda melakukan sepuluh hal, Allah akan mengampuni dosa-dosa Anda, masa depan dan masa lalu, baru dan lama, yang telah Anda lupakan dan yang Anda lakukan dengan sadar, besar dan kecil, tersembunyi dan terungkap.” 

Kemudian Nabi SAW mengajarinya cara berdoa salat tasbih dan mengatakan untuk melakukan salat ini sekali sehari. Jika tidak sekali sehari maka setiap hari Jumat, dan bahkan jika ini tidak mungkin maka sebulan sekali, dan bahkan jika ini tidak mungkin maka setahun sekali, dan bahkan jika ini tidak mungkin maka setidaknya sekali seumur hidup. (Abu Daud dan Tirmidzi).

Niat dan Bacaan Tasbih

Sama seperti salat-salat yang lainnya, tentu salat tasbih juga perlu didahului dengan membaca niat sebelum memulainya. Berikut ini niat dan bacaan tasbih yang perlu kamu baca:

Bacaan niat salat tasbih 4 rakaat dengan 1 kali salam

“Usholli sunnat tasbihi arba‘a rak‘atin lillahi ta‘ala“ 

Artinya: “Aku berniat salat sunah tasbih, empat rakaat karena Allah ta’ala“.

Bacaan niat salat tasbih 4 rakaat dengan 2 kali salam

“Usholli sunnat tasbihi rak‘ataini lillahi ta’ala“ 

Artinya: “Aku berniat salat sunah tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Bacaan salat tasbih

“Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallohu allohu akbar.”

Tata Cara Salat Tasbih

Ilustrasi salat dan sujud

Ilustrasi salat dan sujud

Photo :

  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kamu juga perlu mengetahui dan memahami bagaimana tata cara melakukan salat tasbih ini agar pahalanya tidak berkurang. Salat ini dilakukan dalam empat rakaat sekaligus dan dapat dilakukan saat siang dan malam selain waktu makruh dari matahari terbit dan terbenam. Namun, lebih diutamakan sebelum salat dzuhur. Sementara, bacaan tasbih untuk salat ini adalah sebagai berikut:

“Subhaanallahi Wal Hamdulillahi Wa Laa ilaha illal Laahu Wallahu Akbar”

Artinya: “Segala Kemuliaan dan Kesempurnaan hanya bagi Allah, Segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

    1. Setelah memulai salat dan membaca Sana, baca bacaan tasbih sebanyak 15 kali
    1. Setelah membaca Surah Fatihah dan surah lainnya, baca tasbih ini sebanyak 10 kali
    1. Selama rukuk, setelah mengucap syukur yang ditentukan, membaca tasbih sebanyak 10 kali
    1. Setelah berdiri dari rukuk, membaca tasbih sebanyak 10 kali
    1. Dalam Sajda (ayat-ayat Alquran yang menunjukkan perintah bersujud) pertama setelah sujud, baca tasbih sebanyak 10 kali
    1. Dalam Jalsah (duduk di antara dua sujud) bacakan tasbih sebanyak 10 kali
    1. Sekali lagi baca tasbih sebanyak 10 kali dalam sujud kedua

Ulangi tata cara ini dalam keempat rakaat salat untuk menyelesaikan hitungan tasbih hingga 300 kali. Penting untuk mempertimbangkan pertimbangan berikut saat melakukan salat tasbih ini, diantaranya sebagai berikut:

    • Jangan menghitung dengan keras
    • Jangan menghitung jari atau menggunakan tasbih
    • Disarankan untuk menghitung dengan menekan jari dengan lembut sebagai pengingat
    • Jika hitungan terlewatkan di posisi apa pun, gantilah di gerakan salat berikutnya
    • Cobalah untuk menjaga pikiran tetap fokus pada dzikir. Perlahan tapi akhirnya, tasbih akan mulai meluluhkan hatimu selama salat berlangsung dan memberimu pengalaman spiritual yang belum pernah terjadi sebelumnya
    • Karena tasbih adalah tentang memuji Allah dan berkah-Nya, salat ini sangat baik untuk terus mengingatkan diri akan berkah dan nikmat-Nya saat kamu membaca tasbih.

Salat tasbih sangat baik dan sangat tepat dilakukan saat datangnya bulan Ramadhan agar umat Muslim yang mengerjakannya dapat menuai manfaat penuh dari doa yang luar biasa ini.

Doa Salat Tasbih

Ilustrasi salat

Setelah memberi salam, kamu bisa melanjutkannya dengan membaca doa salat tasbih. Adapun doanya adalah dibaca seperti berikut:

“Subhanakallaahumma wa bihamdika wa tabaaraka ismuka wa ta’aalaa jadduka laa ilaaha ghayraka. Subhaanallaahi wal-hamdulillaahi wa laa ilaaha illaallaahu wallaahu akbaru.” 

Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah dengan memuji-Mu nama-Mu begitu agung dan Zat-Mu Mahatinggi, Tiada tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar.”

Keutamaan Salat Tasbih

Ilustrasi sujud/sholat

Selain manfaat, adapun keutamaan jika kita mendirikan salat ini. Adapun berikut ini keutamaan sholat tasbih:

1. Digugurkan dari dosa seumur hidup

Dalam hadist riwayat Abu Daud, Nabi Muhammad SAW bersabda, Allah SWT akan mengampuni dosa yang pertama, yang terakhir, yang terdahulu, yang baru dilakukan, yang tidak disengaja dan yang disengaja. Begitu pula dengan dosa besar dan dosa kecil serta dosa yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

2. Mencegah perbuatan keji dan munkar

Berikutnya, keutamaan yang didapat jika seorang umat Muslim mengerjakan sholat ini adalah akan dijauhi dari perbuatan keji dan munkar.

3. Amalan mencapai Lailatul Qadar

Biasanya salat ini sering dikerjakan saat malam itikaf atau malam seribu bulan (Lailatul Qadar). Selain itu sholat tasbih juga merupakan amalan sunnah yang dianjurkan untuk menggapai malam Lailatul Qadar.

Itulah pembahasan lengkap mengenai salat tasbih yang bisa diketahui dan dipelajari lebih dalam bagi kamu yang ingin melakukannya untuk mendapatkan pahala dan keutamaannya. Semoga tulisan ini senantiasa dapat bermanfaat dan membantu bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *