1,2 Juta Kendaraan Lintasi JTTS, HK Optimalkan Layanan

portalutama.comJakarta, CNBC Indonesia– PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat sebanyak lebih dari 1,2 juta kendaraan melintas di seluruh ruas selama periode arus mudik Natal 2022.

Adapun 500 ribu kendaraan bakal melintas dari arah Pulau Jawa, menuju Pulau Sumatra melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan sebagai pintu awal masuk JTTS maupun sebaliknya, melalui Gerbang Tol Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Melihat tingginya lalu lintas JTTS, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit bersama Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji, Branch Manager Tol Bakter, Hanung Hanindityo, serta Branch Manager Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu, Agung Yoni Satyo meninjau langsung pelayanan dan kelengkapan fasilitas di JTTS Ruas Bakter hingga Terpeka pada Selasa (27/12) hingga hari ini, Rabu (28/12).

Danang mengatakan bahwa jalan tol Bakter hingga Terpeka cukup nyaman untuk dilalui pemudik. Selain itu, ia memastikan bahwa dari gerbang awal masuk JTTS hingga Palembang sudah dalam kondisi yang baik.

“Rest area di sini, juga tenant-nya cukup banyak. Fasilitasnya juga lengkap dan bersih. Karena trafik yang cukup padat dengan peningkatan sekitar 40%, kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati saat berkendara, istirahat saat sudah lelah, memastikan kecukupan BBM, dan jangan lupa untuk setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu,” ujar Danang dikutip dari siaran pers, Rabu (28/12/2022).

Sementara itu, Dwi Aryono Bayuaji menambahkan bahwa Hutama Karya memastikan pelayanan optimal di ruas tol yang dikelola, khususnya pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan strategi dalam menghadapi lonjakan di jalan tol.

“Dalam mendukung kelancaran arus mudik Nataru ini, Hutama Karya menyiagakan sebanyak total 2.528 petugas, 264 unit armada siaga, dan 21 rest area. Memastikan rest area dalam keadaan yang nyaman serta bersih bagi pengguna jalan, ketersediaan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi, melakukan penambahan SPBU modular di beberapa titik, yakni di Rest Area Rest Area KM 20 A, 49 B Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Rest Area KM 269 B, 272 A, 306 B Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu Agung dan Rest Area Temporary KM 45 B dan 65 A Ruas Pekanbaru-Dumai,” tutur Dwi.

Lebih lanjut Dwi mengatakan dalam mengantisipasi lonjakan kendaraan di ruas tol ini, Hutama Karya berkoordinasi dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero) terkait arus kendaraan dari pelabuhan Bakauheni menuju Gerbang Tol Bakauheni Selatan agar tidak terjadi penumpukan.

“Ada penambahan kapasitas gardu tol tambahan di Gerbang Tol yang memiliki potensi kepadatan tinggi, seperti di Bakauheni Selatan dan Kotabaru yang semula 5 jalur menjadi 7 jalur dan di Kotabaru yang semula 4 jalur menjadi 6 jalur, serta melakukan penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol,” tambahnya.

Adapun ruas-ruas JTTS yang sudah dioperasikan Hutama Karya, antara lain Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Ruas Palembang-Indralaya, Ruas Pekanbaru-Dumai dan Bangkinang, Ruas Medan-Binjai-Stabat, Ruas Bengkulu-Taba Penanjung, dan Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi III dan IV.

Dia juga mengimbau, pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol. Salah satunya menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Apabila pengguna jalan lupa mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang terdapat fitur Cek Saldo UE dan dapat melakukan Top up saldo UE.

“Selain itu kami terus mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di mana pun. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area segera melapor ke Call Centre masing-masing cabang tol dan dapatmengakses informasi seputar mudik dengan mengakses website resmi Hutama Karyahttps://www.hutamakarya.com/info-natal-tahun-baru-2022 dan/atauakun Instagram @HutamaKarya atau @HKTolIndonesia,” pungkas dia.

error: Content is protected !!