UPDATE Jembatan Ambruk di India, 132 Orang Tewas

portalutama.com – Kabar terkini dari insiden jembatan ambruk di India , sedikitnya 132 orang tewas hingga Senin (31/10/2022).

Otoritas setempat mengatakan, sekitar 500 orang sedang merayakan festival di dan sekeliling jembatan gantung berusia hampir 150 tahun di Kota Morbi tersebut ketika kabel penyangga putus pada Minggu (30/10/2022).

Jembatan di negara bagian Gujarat itu jatuh ke sungai, membuat banyak orang jatuh ke dalam air, sementara korban lain berpegangan ke reruntuhan seraya berteriak minta tolong.

“Saya melihat jembatan itu ambruk di depan mata saya,” kata seorang saksi yang bekerja sepanjang malam mencoba menyelamatkan orang, tanpa menyebutkan namanya.

“Itu traumatis ketika seorang wanita menunjukkan foto putrinya dan bertanya apakah saya menyelamatkannya. Saya tidak bisa memberitahunya bahwa putrinya tewas,” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Saksi lain bernama Supran berkata kepada media lokal, saat insiden jembatan ambruk di India terjadi, orang-orang penuh sesak.

“Kabel putus dan jembatan ambruk dalam hitungan detik. Orang-orang saling berjatuhan dan tercebur ke sungai,” ungkapnya.

Ranjanbhai Patel, warga Morbi lainnya, mengatakan kepada media lokal tentang kesulitan yang dia dan orang lain hadapi dalam upaya mengangkat orang-orang ke darat.

“Kami menarik orang-orang yang bisa berenang ke darat. Karena sebagian besar orang jatuh ke sungai, kami tidak bisa menyelamatkan mereka,” terangnya.

Polisi senior Ashok Kumar Yadav pada Senin (31/10/2022) pagi menyampaikan kepada AFP, jumlah korban tewas sekarang mencapai 132. Sumber-sumber juga mengatakan bahwa sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak.

Adapun sekitar 15 orang lainnya dirawat di rumah sakit.

Jembatan di atas Sungai Machchhu ini adalah tempat wisata populer, baru dibuka kembali beberapa hari setelah renovasi berbulan-bulan.

Laporan berita-berita setempat menunjukkan rekaman orang-orang memanjat puing-puing jembatan yang bengkok atau mencoba berenang ke tempat yang aman dalam kegelapan.

P Dekavadiya, kepala polisi di Morbi, sebelumnya melaporkan kepada AFP melalui telepon bahwa lebih dari 130 orang telah diselamatkan.

Jembatan gantung dengan panjang 233 meter dan lebar 1,5 meter ini diresmikan pada 1880 oleh otoritas kolonial Inggris, dan dibuat dengan bahan yang dikirim dari Inggris.

Stasiun tv NDTV melaporkan, jembatan dibuka kembali pada Rabu (26/10/2022) setelah tujuh bulan perbaikan meskipun tidak memiliki sertifikat keselamatan.

Polisi distrik kini menyelidiki kontraktor, dan pemerintah negara bagian membentuk tim beranggotakan lima orang untuk menyelidiki tragedi jembatan ambruk di India.