Tentara Meksiko Disergap Gerombolan Bersenjata, 7 Tewas

portalutama.com

CHILPANCINGO, KOMPAS.com – Gerombolan pria bersenjata menyergap sepasukan tentara Meksiko hingga memicu baku tembak. Peristiwa tersebut menewaskan lima tersangka dan dua tentara.

Otoritas Meksiko menyampaikan, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (17/3/2023) di komunitas El Pescado, daerah pegunungan di Negara Bagian Guerrero yang sulit diakses dan menjadi tempat konflik antarkelompok kriminal.

Militer Meksiko menyampaikan, sepasukan tentara dari unit militer yang sama menjadi sasaran oleh sekitar 18 pria bersenjata di atas dua kendaraan, sebagaimana dilansir AFP.

Selain tujuh orang tewas, dua orang juga mengalami luka tembak.

Menurut pihak berwenang setempat, para penyerang kemungkinan besar adalah anggota La Familia Michoacana.

Kelompok ini dulunya adalah salah satu kartel narkoba paling kuat di Meksiko, namun kehilangan banyak pengaruh setelah para pemimpinnya ditangkap.

AFP melaporkan, kartel ini kembali mengumpulkan kekuatan dan telah terlibat dalam berbagai insiden kekerasan.

Menurut pihak berwenang, La Familia Michoacana sedang memerangi kelompok kriminal Los Tequileros dalam perebutan wilayah.

Kedua kelompok tersebut berebut menguasai daerah tempat mereka terlibat dalam perdagangan narkoba, pemerasan, dan penculikan.

Guerrero sendiri adalah salah satu negara bagian termiskin di Meksiko.

Negara Bagian ini mengalami kekerasan selama bertahun-tahun terkait dengan perang wilayah antara kartel narkoba yang berupaya untuk menguasai produksi ganja, opium, serta perdagangan narkoba.

Lebih dari 350.000 orang tewas di seluruh Meksiko dalam pertumpahan darah sejak pemerintah mengerahkan tentara untuk memerangi kartel narkoba pada 2006.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!