Kejuaran Dunia Selancar Air untuk Anjing di California

Jumlah peserta kompetisi itu tidak cuma puluhan, tapi ratusan. Digelar di pantai Pacifica, California, akhir pekan pertama Agustus, ajang ini menghadirkan anjing-anjing penggemar selancar air dari berbagai penjuru Amerika Serikat, namun juga terbuka bagi mereka yag berasal dari luar negeri.

Anjing dilombakan dalam tiga kategori menurut ukuran: kecil, sedang dan besar hingga sangat besar. Mereka berkompetisi dalam kelas solo, dan, atau tandem bersama pemiliknya di atas papan selancar.

Jeffrey Niebor sengaja datang dari San Diego bersama Charlie, anjing jenis labrador berusia 7,5 tahun, yang mulai gemar berselancar pada usia 2 tahun. Charlie meraih juara dua selancar solo dalam kelompok anjing besar hingga sangat besar.

“Yah, Anda tahu Charlie … Sulit bagi saya untuk menjelaskan betapa ia menikmatinya. Ia benar-benar menyukai selancar. Bahkan ketika kami berselancar bukan untuk berlomba, ia begitu bersemangat, Jika kami hanya pergi ke pantai ia akan menggigit papan selancarnya untuk dibawa ke air. Ia senang menggonggong di atas ombak,” jelas Niebor.

Kejuaran Dunia Selancar Air untuk Anjing di California

Charlie berkompetisi di Kejuaraan Selancar Anjing Dunia di Pacifica, California, AS, 6 Agustus 2022. (REUTERS/Carlos Barria)

Kepiawaian anjing berselancar dinilai berdasarkan beberapa faktor, termasuk jarak tempuh, teknik, kepercayaan diri, dan kekuatan ombak. Teknik yang dimaksud di sini adalah posisi anjing saat berselancar, seperti berdiri, duduk atau berbaring.

James Wall, yang anjingnya meraih penghargaan sebagai peselancar solo terbaik untuk katagori anjing besar hingga sangat besar, mengatakan, olahraga selancar mempererat hubungannya dengan hewan peliharaannya itu.

Derby berlaga pada Kejuaraan Selancar Anjing Dunia di Pacifica, California, AS, 6 Agustus 2022. (REUTERS/Carlos Barria)

Derby berlaga pada Kejuaraan Selancar Anjing Dunia di Pacifica, California, AS, 6 Agustus 2022. (REUTERS/Carlos Barria)

“Olahraga selancar benar-benar mempererat hubungan kami.. Ia ditemukan di garasi parkir sewaktu masih kecil. Dan seperti halnya anak anjing, ia takut pada banyak hal. Ketika kami mulai rajin pergi ke pantai, ia melompat ke salah satu papan selancar dan seolah mengatakan, ‘ayo mari kita coba, dan lihat apa yang akan terjadi’. Sejak itu ia benar-benar menyukainya,” ujarnya.

Prerana Rani, seorang pemilik anjing dari Santa Clara, mengajak anjingnya menonton kompetisi itu. Ia ingin anjingnya terdorong untuk menyukai olahraga selancar. “Saya pikir sungguh menakjubkan melihat begitu banyak anjing berkumpul dan berselancar. Ini pertama kalinya saya melihat anjing berselancar. Ini sangat menarik, dan saya harap anjing saya akan terinspirasi oleh kegiatan ini.” [ab/uh]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *