KALEIDOSKOP INTERNASIONAL AGUSTUS 2022: FBI Gerebek Rumah Trump | Najib Razak Dipenjara

portalutama.com – Ada beberapa kejadian internasional menonjol dan cukup menyita perhatian publik yang terjadi selama Agustus 2022.

Ini termasuk, FBI menggerebek rumah mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Mar-a-Lago, Palm Beach, negara bagian Florida pada 8 Agustus 2022.

Selain itu, mantan PM Malaysia Najib Razak secara resmi dipenjara pada hari Selasa (13/8/2022).

Pada awal Agustus 2022, Taiwan dan China juga memanas setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah rangkuman Kaleidoskop Internasional Agustus 2022 yang dapat Anda simak:

Eks PM Malaysia Najib Razak dikirim ke penjara

Najib Razak secara resmi dipenjara pada hari Selasa (13/8/2022), tak lama setelah pengadilan tertinggi Malaysia menguatkan hukuman penjara 12 tahun untuk kasus korupsi 1MDB.

“Kami diberitahu bahwa dia dibawa ke Penjara Kajang, selatan ibu kota Kuala Lumpur,” kata menantu perempuan Najib Razak, Nur Sharmila Shaheen ketika itu.

Najib sempat meminta maaf kepada para pendukungnya sebelum pengadilan tertinggi Malaysia menjatuhkan putusan tentang banding terakhirnya terhadap hukumannya.

Ramai bom mobil yang tewaskan putri “otak Putin”

Pada Agustus 2022, dunia cukup dihebohkan dengan kematian putri sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin dalam insiden bom mobil.

Korban itu bernama Darya Dugina.

Darya Dugina meninggal setelah mobil yang dikendarainya meledak di jalan raya dekat Moskwa saat dia menuju rumahnya pada Sabtu (20/8/2022).

Tentara Republik Nasional (NRA) disebut sebagai pelaku peledakan bom mobil yang menewaskan putri Alexander Dugin, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin tersebut.

6 bulan perang Ukraina, Rusia terbagi jadi 2 kubu

Bulan Agustus perang Rusia-Ukraina menginjak usia 6 bulan.

Pada bulan keenam ini, banyak orang Rusia dilaporkan terbagi atas konflik tersebut.

Bagi beberapa orang itu perlu, tetapi bagi yang lain itu adalah sumber kesedihan.

Di dalam dan sekitar Moskwa menjelang peringatan minggu ini, beberapa orang menyatakan dukungan untuk yang disebut Rusia “operasi militer khusus” di negara tetangganya yang pro-Barat itu.

Sementara yang lain menyuarakan penyesalan mendalam atas penderitaan yang ditimbulkannya.

Istri Kobe Bryant menang gugatan Rp237 miliar atas penyebaran foto kecelakaan suaminya

Pada Agustus 2022, Juri mengabulkan gugatan 16 juta dollar AS (Rp 237 Miliar) Vanessa Bryant atas penyebaran foto jasad dari kecelakaan helikopter yang menewaskan suaminya, Kobe Bryant, dan putrinya, Gianna, bersama dengan tujuh orang lainnya.

Chris Chester, yang istrinya Sarah (45 tahun), dan putrinya Payton (13 tahun) termasuk di antara mereka yang tewas dalam kecelakaan itu dan yang bergabung dalam gugatan itu, dianugerahi 15 juta dollar AS (Rp 222 miliar).

Pada Minggu pagi yang berkabut di bulan Januari 2020, Kobe Bryant, pemain basket profesional Amerika Serikat berusia 41 tahun, dan delapan orang lainnya terbang dari Orange County.

Perjalanan itu dilakukan untuk menghadiri turnamen bola basket remaja di pinggiran utara Los Angeles.

Tapi kemudian pilot mengalami disorientasi di awan.

Helikopter itu menabrak sebuah bukit dekat Calabasas, California.

Semua orang di dalamnya tewas, termasuk Bryant, bintang Los Angeles Lakers yang popularitasnya di California Selatan jauh melampaui capaiannya di turnamen bola basket AS.

Saat berita tentang kecelakaan itu dan identitas para korban menyebar ke seluruh dunia, petugas penegak hukum, penyelidik, jurnalis, dan penggemar Bryant menuju ke lokasi kecelakaan yang ekstrem.

New York Times mewartakan pada Rabu (14/8/2022), tuduhan Istri Bryant dalam gugatannya mengatakan pada jam-jam pertama setelah kecelakaan itu, petugas pemadam kebakaran Los Angeles County dan deputi sheriff diizinkan untuk mengambil foto close-up, yang dinilai tidak perlu, dari jasad manusia di lokasi kecelakaan.

Gambar-gambar yang diambil termasuk jasad Kobe dan Gianna Bryant, dan foto tersebut kemudian dibagikan di antara deputi sheriff dan petugas pemadam kebakaran.

Ethiopian Airlines gagal mendarat karena pilot tertidur

Pesawat Boeing 737 milik maskapai Ethiopian Airlines gagal mendarat pada Senin (15/8/2022), karena dua pilotnya tertidur lelap di kokpit.

Pesawat dari maskapai terbesar se-Afrika itu sedang dalam penerbangan bernomor ET343 dari Khartoum di Kenya ke Addis Ababa ibu kota Ethiopia.

Dilaporkan oleh Aviation Herald, peringatan sempat diberikan saat pesawat mendekati bandara tetapi belum menukik turun.

Ternyata, pilot tertidur lelap dan sistem autopilot membuat pesawat tetap terbang pada ketinggian 37.000 kaki (11.200 meter)

Kebakaran gereja di Mesir tewaskan 41 jemaat, mayoritas anak-anak

Sebuah Gereja Kristen Koptik di Mesir terbakar ketika misa berlangsung pada Minggu (14/8/2022), menewaskan sedikitnya 41 jemaat.

Kebanyakan dari para korban adalah anak-anak dan mayoritas korban tewas karena menghirup asap.

Kebakaran dimulai sebelum pukul 09.00 waktu setempat di Gereja Koptik Abu Sifin, Kota Giza, ketika 1.000 orang berkumpul.

Pengadilan Arab vonis Salma al-Sheehab

Pengadilan Arab Saudi telah menjatuhkan hukuman 34 tahun penjara kepada seorang mahasiswa doktoral, Salma al-Shehab.

Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh The Associated Press (AP) pada Kamis (18/8/2022), Salma al-Shehab dihukum sedemikian berat karena dianggap menyebarkan “rumor” dan me-retweet para pembangkang.

Keputusan itu kemudian menuai kecaman global yang semakin meningkat.

Aktivis dan pengacara menganggap hukuman terhadap Salma al-Shehab yang juga merupakan peneliti di Universitas Leeds di Inggris itu mengejutkan bahkan oleh standar keadilan Saudi.

Keputusan itu muncul di tengah tindakan keras Putra Mahkota Mohammed bin Salman terhadap perbedaan pendapat bahkan ketika pemerintahannya memberi perempuan hak untuk mengemudi dan kebebasan baru lainnya di negara Islam ultrakonservatif itu.

Salma al-Shehab ditahan selama liburan keluarga pada 15 Januari 2021. Ini terjadi hanya beberapa hari sebelum dia berencana untuk kembali ke Inggris, menurut Freedom Initiative.

Freedom Initiative adalah sebuah kelompok hak asasi manusia (HAM) yang berbasis di Washington DC, AS.

Salma al-Shehab mengatakan kepada hakim bahwa dia telah ditahan selama lebih dari 285 hari di sel isolasi sebelum kasusnya bahkan dirujuk ke pengadilan.

Mikhail Gorbachev meninggal dunia

Mikhail Gorbachev, presiden terakhir Uni Soviet, meninggal dunia di Moskwa pada Selasa (30/8/2022).

Mikhail Gorbachev meninggal dunia di usia 91 tahun. “Mikhail Sergeyevich Gorbachev meninggal malam ini setelah mengidap sakit yang serius dan lama,” kata Rumah Sakit Klinik Pusat Rusia di Moskwa.

FBI gerebek rumah Trump

FBI menggerebek rumah mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Mar-a-Lago, Palm Beach, negara bagian Florida, Senin (8/8/2022).

Trump dalam keterangan panjangnya mengatakan, kediamannya “saat ini dikepung, digerebek, dan dimasuki oleh sekelompok besar agen FBI”.

Menurut dia, penggerebekan itu tidak diberitahukan sebelumnya.

“Mereka bahkan membobol brankas saya!” ucap Trump.

Trump saat penggerebekan berada di klub golfnya di Bedminster, New Jersey, untuk menikmati musim panas, menurut laporan NBC News.

Penulis buku Ayat-ayat Setan Salman Rushdie ditikam

Penulis buku Ayat-ayat Setan, Salman Rushdie ditikam pada Jumat (12/8/2022) saat menghadiri acara sastra di Negara Bgian New York, AS.

Akibat Salman Rushdie ditikam, penulis asal Inggris yang sempat menjadi sasaran ancaman pembunuhan di Iran tersebut menjalani operasi darurat hari itu juga.

Tersangka telah ditahan dan diidentifikasi sebagai Hadi Matar (24) dari Fairfield, New Jersey. Kemungkinan motif masih belum diketahui.

Taiwan minta dukungan Indonesia di tengah ancaman militer China

Taiwan dan China memanas setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi pulau tersebut pada Selasa (2/8/2022).

Taiwan bahkan turut meminta dukungan Indonesia di tengan ancaman militer China.

Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipe di Jakarta (Taipe Economic and Trade Office in Indonesia/TETO) John Chen menyerukan kepada semua kalangan di Indonesia untuk mengutuk tindakan militer China yang merusak status quo Taiwan dan mengancam perdamaian serta stabilitas regional.

Dia meminta kepada semua kalangan di Indonesia menuntut China untuk segera menghentikan semua provokasi militer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!