Drone Korut Menyusup, Korsel Kerahkan Jet Tempur-Lepas Tembakan!

portalutama.com – Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa Korea Utara (Korut) menerbangkan beberapa drone yang melintasi perbatasan mereka pada hari Senin (26/12). Ini mendorong militer Seoul untuk mengerahkan pesawat tempur dan melepaskan tembakan peringatan untuk menghalau mereka.

“Militer kami pertama kali mendeteksi sebuah kendaraan udara tak berawak Korea Utara di sekitar wilayah udara Gimpo pada pukul 10:25,” kata Kepala Staf Gabungan (JCS) dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (26/12/2022).

“Beberapa kendaraan udara tak berawak Korea Utara menyerbu wilayah udara kami di daerah perbatasan di sekitar provinsi Gyeonggi,” imbuh militer Korsel tersebut.

Penyusupan itu mendorong Seoul untuk melepaskan tembakan peringatan dan mengerahkan jet-jet tempur dan helikopter penyerang.

Salah satu pesawat tempur , pesawat serang ringan KA-1, kemudian jatuh di Kabupaten Hoengseong, lapor kantor berita Korsel, Yonhap.

Menurut Yonhap, yang mengutip pejabat dari Kementerian Transportasi Korea Selatan, penerbangan ditangguhkan sementara di bandara internasional Gimpo dan Incheon dekat ibu kota Seoul selama sekitar satu jam atas permintaan JCS.

Penyusupan itu adalah pertama kalinya dalam lima tahun drone Korea Utara menginvasi wilayah udara Korea Selatan . Ini terjadi ketika Pyongyang meningkatkan ketegangan dengan rentetan uji coba senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini.

error: Content is protected !!