Biden Sebut Pertemuan dengan Zelensky Beri Pesan Penting ke Putin, Apa Itu?

portalutama.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengomentari pertemuan tatap muka pertamanya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sejak invasi Rusia dimulai pada akhir Februari lalu. Biden menyebut pertemuan dengan Zelensky di Gedung Putih itu memberikan pesan penting untuk Presiden Vladimir Putin .

Seperti dilansir CNN, Kamis (22/12/2022), Zelensky terbang ke Washington DC dan bertemu langsung dengan Biden di Gedung Putih pada Rabu (21/12) waktu setempat. Itu menjadi kunjungan luar negeri pertama Zelensky dan pertemuan tatap muka pertama dengan Biden sejak Ukraina diinvasi Rusia.

Saat berbicara kepada wartawan dalam konferensi pers bersama Zelensky di Gedung Putih, Biden menekankan kembali keyakinannya bahwa ‘tidak ada pengganti’ untuk pertemuan tatap muka secara langsung.

“Ini semua tentang menatap mata seseorang. Dan saya bersungguh-sungguh. Saya pikir tidak ada yang bisa menggantikan duduk bersama saling berhadapan dengan seorang teman atau seorang musuh dan menatap mata mereka. Dan itulah yang sebenarnya terjadi saat ini,” jelas Biden kepada wartawan yang bertanya kepadanya soal pertemuan tatap muka dengan Zelensky.

Biden menyebut pertemuan dengan Zelensky pada Rabu (21/12) waktu setempat telah memberikan pesan penting untuk Putin, yang disebutnya telah ‘gagal’.

“Sangat penting baginya (Putin-red) dan semua orang untuk melihat bahwa Presiden Zelensky dan saya bersatu, dua negara bersama, untuk memastikan dia tidak akan berhasil,” sebut Biden merujuk pada Putin.

Lebih lanjut, Biden melontarkan pujian untuk Zelensky. Keduanya melakukan pembicaraan di Ruang Oval sebelum menggelar konferensi pers bersama.

“Dalam jiwanya adalah dirinya yang dia katakan. Jelas siapa dia. Dia bersedia memberikan nyawanya untuk negaranya — dan semua orang yang datang bersamanya hari ini. Jadi, saya pikir penting baginya untuk mengetahui bahwa kami akan melakukan segala daya kami, segala kekuatan kami untuk melihat dia berhasil,” ucap Biden merujuk pada Zelensky.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video ‘Momen Pertemuan Biden-Zelensky di Amerika Serikat’:

Sebelumnya, Biden menegaskan dukungan kuat AS untuk Ukraina ‘selama mungkin yang diperlukan’ dan menyatakan bahwa Kiev ‘tidak akan pernah berdiri sendirian’ selama perang berlanjut di wilayahnya, yang dipicu invasi Rusia sejak akhir Februari lalu.

“Anda tidak akan pernah berdiri sendirian,” ucap Biden kepada Zelensky dalam konferensi pers bersama.

“Rakyat Amerika bersama Anda di setiap langkah dan kami akan tetap bersama Anda — kami akan tetap bersama Anda — selama yang diperlukan,” tegas Biden.

error: Content is protected !!