Biden Banggakan Pengampunan Utang Mahasiswa sebagai Perubahan Penting

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Senin (17/10), menyampaikan pengumuman mengenai program pengampunan pinjaman mahasiswa di Gedung Putih.

Departemen Pendidikan AS telah mulai menerima permohonan untuk penghapusan utang mahasiswa yang diperjuangkan Presiden Joe Biden – sebuah rencana yang membuat 43 juta orang Amerika memenuhi syarat untuk setidaknya sebagian utangnya dihapuskan.

Biden menyebut program tersebut sebagai “perubahan penting” bagi jutaan warga Amerika Serikat.

Presiden Biden pada bulan Agustus menyampaikan bahwa pemerintah AS akan mengampuni pinjaman mahasiswa sebesar $10.000 untuk banyak lulusan perguruan tinggi yang dibebani utang, sebuah langkah yang bisa meningkatkan dukungan bagi anggota Partai Demokrat dalam pemilihan kongres pada November mendatang tetapi keputusan tersebut juga dapat memicu inflasi.

Pengampunan utang itu akan membebaskan ratusan miliar dolar dana untuk belanja konsumen baru yang bisa digunakan untuk pembelian rumah, demikian menurut para ekonom. Namun ekonom mengatakan kondisi tersebut akan menambah beban baru saat AS berupaya memerangi inflasi.

Banyak anggota Partai Demokrat yang sebelumnya mendorong agar Biden mengampuni utang mahasiswa sampai $50.000 per peminjam, mendukung tindakan yang diambil oleh sang presiden.

Partai Republik, yang berusaha untuk merebut kembali kendali Kongres pada bulan November, menentang langkah tersebut, dengan alasan pengampunan itu tidak adil karena secara tidak proporsional akan membantu orang-orang yang berpendapatan lebih tinggi.

Pemerintah akan membatalkan $10.000 dalam utang mahasiswa untuk peminjam yang berpenghasilan kurang dari $125.000 per tahun, atau $250.000 bagi pasangan yang sudah menikah. Mahasiswa yang menerima Pell Grants, pinjaman federal berbunga rendah kepada mahasiswa berpenghasilan rendah, sebelumnya diusulkan mendapat pengampunan utang sebesar $20.000.

Menurut perhitungan The Fed New York pada bulan April, pengampunan utang mahasiswa sebesar $10.000 untuk setiap peminjam akan membebani pemerintah AS $321 miliar, namun batas pendapatan penerima pengampunan bisa berarti biaya sebenarnya akan lebih rendah.

The Fed New York memperkirakan bahwa mengampuni utang mahasiswa sebesar $10.000 per peminjam akan menghapus utang 11,8 juta peminjam, atau 31 persen dari jumlah total peminjam.

Gedung Putih mengatakan angka itu akan menjadi 20 juta peminjam. Hampir 90 persen dari peminjam tersebut berpenghasilan di bawah $75.000 per tahun. [my/lt/jm]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.