Arkeolog Temukan Kamar Mandi Kuno Era Romawi di Mesir, Lengkap dengan “Bathtub”

portalutama.com

KAIRO, KOMPAS.com – Para arkeolog yang melakukan penggalian di sekitar kuil di Mesir menemukan kamar mandi kuno era Romawi.

Mereka melakukan penggalian di dekat Kuil Khnum di Esna dan menemukan beberapa reruntuhan bangunan, termasuk kamar mandi berusia 1.400 tahun tersebut.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir dalam rilisnya pada Sabtu (24/12/2022) mengatakan, temuan kamar mandi kuno tersebut lengkap dengan bathtub dan bathing seat.

Para arkeolog mengatakan, kamar mandi kuno tersebut merupakan kamar mandi bertingkat yang berasal dari zaman Romawi.

Tingkat atasnya memiliki lantai bata merah dengan struktur bundar yang mungkin digunakan sebagai tempat mandi.

Sedangkan tingkat bawahnya memiliki koridor untuk udara panas dan air untuk mencapai bathtub.

Ruangan itu juga memiliki tangga dengan desain bunga dan geometris di dinding, sebagaimana dilansir Miami Herald.

Para arkeolog juga menemukan reruntuhan kabin batu pasir melingkar yang dibangun sekitar 330 SM.

Meski demikian, yang tersisa dari bangunan ini hanyalah fondasi dan tiang-tiang kecil yang kemungkinan membentuk gerbang atau pintu masuk.

Penggalian tersebut juga menemukan bangunan yang digunakan sebagai gudang senjata, kata para arkeolog.

Gudang senjata itu terbuat dari batu bata merah dan bekas batu yang diambil dari reruntuhan lain. Strukturnya juga memiliki sekat yang terbuat dari kayu pohon palem.

Para arkeolog menuturkan, reruntuhan-reruntuhan itu memberi para peneliti sekilas pandangan ke era sejarah yang berbeda.

Untuk diketahui, Kuil Khnum didedikasikan untuk dewa Mesir kuno yang menciptakan manusia di atas roda tembikarnya, lapor Lonely Planet.

Pembangunan kuil tersebut dimulai sekitar 100 SM. Situs tersebut ditinggalkan selama periode Romawi, periode yang dimulai pada 30 SM hingga 600-an M.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!